Peran PKK dalam penanggulangan stunting di Desa Rejosari Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak

Shiva, Layyinatus (2023) Peran PKK dalam penanggulangan stunting di Desa Rejosari Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_1801046019_LAYYINATUS_SHIVA] Text (SKRIPSI_1801046019_LAYYINATUS_SHIVA)
1801046019_Layyinatus Shiva_Lengkap Tugas Akhir - Layyinatus Shiva.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Layyinatus Shiva (1801046019) Peran PKK dalam Penanggulangan Stunting di Desa Rejosari Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak. Kurangnya pengetahuan dan pengalaman terhadap pencegahan stunting membuat banyak masyarakat terkena dampak stunting. Masyarakat dengan pengetahuan yang kurang akan stunting akan mempengaruhi hidup dalam masyarakat terumata pada masalah Kesehatan. PKK memiliki sepuluh program pokok yakni penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, Pendidikan keterampilan, Kesehatan, mengembangkan kehidupan berkroperasi, kelestarian lingkungan hidup, perencanaan sehat. Dari program tersebut PKK Desa Rejosari salah satunya melakukan perencanaan sehat dengan pencegahan stunting dan penanggulangannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran PKK dalam penanggulangan stunting di Desa Rejosari Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak. 2) Bagaimana hasil dari penanggulangan stunting yang dilakukan PKK di Desa Rejosari Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data ini menggunakan observasi (observation), wawancara (interview) dan dokumentasi (dokumentation). Sedangkan Dalam uji validitas data peneliti berpartisipasi secara aktif dan bersungguh-sungguh dalam menilite serta menggunakan system triangulasi. Kemudian Teknik analisis data meliputi redukasi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan: 1) Peran PKK dalam Penanggulangan Stunting di Desa Rejosari Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak meliputi peran sebagai Enabler, Broker, Expert, dan Agent of Developmnet. 2) hasil dari penanggulangan stunting yang dilakukan PKK di Desa Rejosari Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak yaitu meningkatkan angka kecukupan gizi pada balita, tergeraknya masyarakat mengikuri sosialisasi terhadap stunting dan Kesehatan, berkurangnya angka stunting di Desa Rejosari.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran PKK; Penanggulangan Stunting; Pemberdayaan Masyarakat
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 614 Incidence and prevention of disease
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 18 Nov 2023 08:04
Last Modified: 18 Nov 2023 08:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21842

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics