Peran modal sosial dalam pengembangan ekonomi masyarakat di Desa Selo Kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan

Makmun, Sukron (2023) Peran modal sosial dalam pengembangan ekonomi masyarakat di Desa Selo Kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_1801046027_SUKRON_MAKMUN] Text (SKRIPSI_1801046027_SUKRON_MAKMUN)
Rev_Sukron Makmun 1801046027- Grobogan.. 1 - Sukron Makmun.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Sukron Makmun (1801046027), Peran Modal Sosial Dalam Pengembangan Ekonomi Masyarakat di Desa Selo Kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan.
Desa Selo merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah yang masyarakatnya mampu memanfaatkan potensi alam yang dimiliki. Pemanfaatan potensi tersebut salah satunya diwujudkan dengan berdirinya Paguyuban Berkah Air Selo sebagai peran modal sosial pengembangan ekonomi masyarakat melalui Sumber Daya Air. Desa Selo menawarkan kekayaan alam dan keanekaragaman budaya yang masih dijunjung tinggi oleh warganya. Pengembangan sumber daya air merupakan salah satu program pengembangan ekonomi masyarakat untuk mengembangkan potensi yang dimilki suatu desa guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. maka dari itu penulis membuat rumusan masalah sebagai berikut : (1) Bagaimana Peran Modal Sosial yang dilakukan kelompok paguyuban Berkah air selo dalam proses pengembangan ekonomi masyarakat melalui pemanfaatan sumber daya air di Desa Selo, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan. (2) Bagaimana hasil Peran Modal Sosial yang dilakukan oleh paguyuban Berkah air selo dalam pengembangan ekonomi masyarakat melalui pemanfaatan sumber daya air di Desa Selo, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan .
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti terlibat langsung dalam penggalian data. Analisis data yang digunakan mengguankan teori Milles dan Hiberman, yang meliputi reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)Peran Modal Sosial Paguyuban Berkah Air Selo dalam proses Pengembangan Ekonomi Masyarakat melalui Pemanfaatan Sumber Daya Air yaitu adalah telah mengimplementasikan unsur-unsur peran modal sosial yaitu Kepercayaan (Trust), Jaringan (Network), Hubungan Timbal Balik (Reciprosity), dan Norma (Norm). Unsur-unsur modal sosial diimplementasikan karena hal tersebut menjadi dasar atas berjalannya Paguyuban Berkah Air Selo dalam proses pengembangan ekonomi masyarakat. , dan tahap evaluasi. (2) Hasil Peran Modal Sosial Dalam Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Pengembangan Sumber Daya Air di Desa Selo Kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan adalah terjalin baiknya hubungan sosial antar sesame masyarakat lewat adanya kepercayaan antar sesama, tecukupi atau meningkatnya pendapatan ekonomi masyarakat lewat adanya kerja sama melalui jaringan sosial dengan dinas-dinas terkait, terjaganya stabilitas ekosistem alam sekitar lewat adanya hokum yang dibuat berdasarkan Norma yang ada, dan adanya kesadaran sosial dielemen masyarakat untuk saling menjada harmonisasi hubungan bersosial dalam bekerja sama lewat Hubungan timbal balik yang ada.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran Modal Sosial; Pengembangan Ekonomi Masyarakat
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities
300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 18 Nov 2023 08:18
Last Modified: 18 Nov 2023 08:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21848

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics