Analisis nilai – nilai pendidikan islam untuk penanaman karakter anak dalam buku prophetic parenting

Asiah, Dewi (2023) Analisis nilai – nilai pendidikan islam untuk penanaman karakter anak dalam buku prophetic parenting. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1903016033_DEWI_ASIAH] Text (SKRIPSI_1903016033_DEWI_ASIAH)
1903016035_Dewi Asiah_Full Skripsi - Dewi Asiah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Anak merupakan amanah dan titipan dari Allah SWT. Pendidikan karakter yang baik ialah pendidikan yang sesuai dengan syariat Islam. Prophetic parenting dalam penanaman karakter adalah salah satu alternatif yang dapat diterapkan pada anak sesuai dengan ajaran Rasululah SAW. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui dan mendesripsikan lebih dalam mengenai metode penanaman karakter anak serta nilai – nilai pendidikan Islam untuk penanaman karakter anak dalam buku Prophetic Parenting . Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian pustaka (library research), sumber data primer adalah buku prophetic parenting karya Dr. M Nur Abdul Hafizh Suwaid dan ayat – ayat Al-Qur’an, teknik pengumpulan data adalah dokumentasi, teknik analisis data adalah deskriptif analisis dengan melalui beberapa tahapan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa metode penanaman karakter melalui prophetic parenting dapat dilakukan dengan cara menampilkan suri tauladan yang baik, memberikan Pengarahan dengan melihat waktu dan keadaan yang sesuai, menunaikan hak anak, sedangkan nilai – nilai pendidikan Islam untuk penanaman karakter anak yang terdapat dalam buku Prophetic parenting ialah nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, peduli lilngkungan dan sosial, bertanggungjawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam; Penanaman Karakter; Prophetic Parenting.
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 23 Oct 2023 02:29
Last Modified: 23 Oct 2023 02:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21851

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics