Analisis nilai-nilai kesetaraan dan ketimpangan gender dalam buku pendidikan agama islam dan budi pekerti kelas X SMA/SMK

Arafah, Aulia Indriani (2023) Analisis nilai-nilai kesetaraan dan ketimpangan gender dalam buku pendidikan agama islam dan budi pekerti kelas X SMA/SMK. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1903016038_AULIA_INDRIANI_ARAFAH] Text (SKRIPSI_1903016038_AULIA_INDRIANI_ARAFAH)
1903016038_Aulia Indriani Arafah_Full Skripsi - Aulia Arafah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2000 tentang kesetaran gender sebagai agenda pembangunan Indonesia ke depan. Kurikulum pendidikan di Indonesia harus mampu merepresentasikan kesetaraan gender, salah satunya melalui buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa implementasi nilai-nilai kesetaraan dan ketimpangan gender dalam buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X SMA/SMK. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Sumber data primer adalah buku pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X tingkat SMA/SMK. Sementara sumber data sekunder diambil dari buku, jurnal, dan artikel lain yang relevan dengan tema penelitian. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah metode analisis isi (content analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Nilai-nilai kesetaraan gender dalam buku teks Pendidikan Agama Islam Kelas X SMA/SMK menampilkan nilai kesetaraan, keadilan, dan kebebasan baik pada kajian materi maupun ilustrasi teks dan gambar. 2) Ketimpangan gender beberapa kali ditampilkan pada ilustrasi gambar. Laki-laki mendominasi di segala aspek, diantaranya yaitu pada aspek kemunculan gambar, penyebutan model, dan penggunaan peran dalam bidang pekerjaan. Sementara pada aspek penyebutan tokoh dan penggunaan peran dalam bidang olahraga perempuan sama sekali tidak ditampilkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kesetaraan Gender; Ketimpangan Gender; PAI; Buku Ajar
Subjects: 300 Social sciences > 305 Social groups
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 23 Oct 2023 02:40
Last Modified: 23 Oct 2023 02:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21854

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics