Peran Corporate Social Responsibility (CSR) semen Indonesia dalam meningkatkan kesejahteraan petani di Desa Sumberarum Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban

Auliya, Muhammad Hilmi (2023) Peran Corporate Social Responsibility (CSR) semen Indonesia dalam meningkatkan kesejahteraan petani di Desa Sumberarum Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_1801046035_MUHAMMAD_HILMI_AULIYA] Text (SKRIPSI_1801046035_MUHAMMAD_HILMI_AULIYA)
1801046035_Muhammad Hilmi Auliya_Full Skripsi - Muhammad Hilmi Auliya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Muhammad Hilmi Auliya (1801046035), Peran CSR PT Semen Indonesia Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Petani Desa Sumberarum Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban.
Peran merupakan teori yang membahas tentang posisi dan perilaku seseorang yang tidak memikirkan dirinya sendiri, melainkan akan selalu ada dalam hubungan orang lain yng mana nantinya pelaku aktor akan sadar struktur sosial yang didudukinya, oleh sebab itu seorang aktor selalu berusaha terlihat mumpuni sehingga tidak ada persepsi menyimpang dari harapan yang ada dalam masyarakat. CSR (Corporate Social Responsibility) atau tanggung jawab sosial perusahaan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Pabrik Tuban dalam meningkatkan kesejahteraan petani. Rumusan masalah penelitian ini: (1) Bagaimana Peran CSR Semen Indonesia dalam Meningkatkan Kesejahteraan Petani di Desa Sumberarum Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban, (2) Bagaimana hasil Peran CSR Semen Indonesia dalam Meningkatkan Kesejahteraan Petani di Desa Sumberarum Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban.
Penelian ini bertjuan untuk mengetahui peran CSR Semen Indonesia memberdayakan petani di Desa Sumberarum Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat CSR Semen Indonesia dalam memberdayakan petani di Desa Sumberarum Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukan dua hal sebagai berikut: pertama, peran CSR Semen Indonesia dalam pemberdayaan petani di Desa Sumberarum Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban yakni: (1) CSR Semen Indonesia berperan dalam meningkatkan ekonomi sekitar (2) CSR Semen Indonesia berperan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (3) CSR Semen Indonesia berperan dalam menjalankan tata kelola progam dalam menunjang pembangunan. Kedua, Peran CSR Semen Indonesia dalam meningkatkan kesejahteraan petani di Desa Sumberarum Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban menghasilkan beberapa hal yaitu, (1) Peningkatan panen petani (2) Adanya lahan pinjaman kepada petani yang tidak mempunyai lahan (3) Aktifnya kelompok tani (4) Terbentuknya institusi lokal (5) Meningkatkan lumbung pangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran CSR; Semen Indonesia; Kesejahteraan Petani
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 18 Nov 2023 08:23
Last Modified: 18 Nov 2023 08:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21856

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics