Partisipasi masyarakat dalam program desa siaga di Desa Purwodadi, Kecamatan Barat, Kabupaten Magetan

Qolbiyah, Rizqi Sifaul (2023) Partisipasi masyarakat dalam program desa siaga di Desa Purwodadi, Kecamatan Barat, Kabupaten Magetan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1801046042_RIZQI_SIFAUL_QOLBIYAH] Text (SKRIPSI_1801046042_RIZQI_SIFAUL_QOLBIYAH)
SKRIPSI LENGKAP rizqi sifaul 1801046042 - Rizqi sifaul qolbiyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Rizqi Sifaul Qolbiyah (1801046042) : Partisipasi Masyarakat Dalam Program Desa Siaga di Desa Purwodadi Kecamatan Barat, Kabupaten Magetan.
Desa Siaga merupakan Desa yang warga atau penduduknya memiliki kesiapan sumberdaya, kemampuan dan juga kemauan dalam mencegah dan mengatasi masalah-maslah kesehatan, kebencanaan secara mandiri. Dalam mewujudkan Desa menjadi Desa Siaga dibutuhkan keseriusan pemerintah dalam mencapainya, salah satu aspek yang harus dipenuhi adalah adanya partisipasi masyarakat dalam program-program yang terlaksana. Adanya partisipasi masyarakat pada setiap program yang dilaksanakan nantiya akan dapat mendorong tercapainya tujuan-tujuan dari program yang ada, patisipasi masyarakat menjadi bagian terpenting dalam melaksanakan program dibidang kesehatan dan kebencanaan di masyarakat dengan melalui program Desa Siaga.
Dalam pembagiaanya program Desa Siaga dibagi menjadi dua yaitu Desa Siaga Kesehatan dan Program Desa Siaga Tangguh Bencana yang mempoisisikan masyarakat sebagai objek aktif dalam penyelenggaraan pelayanan programnya agar masyarakat senantiasa menerapkan hidup bersih dan sehat serta masyarakat dapat melakaukan itigasi bencana serta penggecahannya agar jika nantinya terjadi bencana, masyarakat sudah mengetahui apa yang seharusnya masyarakat lakukan serta mengurangi resiko bencana dan korban. Sehingga adalam hal ini partisipasi masyarakat menjadi aspek penting dalam pelaksanaan program Desa siaga.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui tahapan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam program Desa Siaga di Desa Purwodadi Kecamatan Barat Kabupaten Magetan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan Metode kualitatif dengan pendekatan Deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Sedangkan Analisis data yang digunkan adalah Reduksi data, penyajian data,penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Tahapan dalam meningkatkan partisipasi di Desa Purwodadi meliputi : Tahapan perencanaaatau persiapan program melalui penyusunan arah kebijakan program, tahapan sosialisasi, tahapan pelaksanaan dengan menumbuhkan kesadaran masyarakat agar terlibat pada program Desa Siaga, tahapan evaluasi dan pengawasan program dengan melibatkan masyarakat. 2) Bentuk partisipasi masyarakat dalam program Desa Siaga di Desa Purwodadi meliputi : bentuk partisipasi buah pikiran, Tenaga, Keterampilan, dan partisipasi sosial.
3) tingkat pasrtisipasi masyarakat dalam program Desa Siaga di Desa Purwodadi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Masyarakat; Program Desa Siaga; Desa Purwodadi
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 22 Nov 2023 09:20
Last Modified: 22 Nov 2023 09:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21869

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics