Peningkatan keahlian kerja penerima manfaat kartu prakerja melalui webinar online di Kota Semarang

Japa, Exsa Taruna (2023) Peningkatan keahlian kerja penerima manfaat kartu prakerja melalui webinar online di Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1801046065_EXSA_TARUNA_JAPA] Text (SKRIPSI_1801046065_EXSA_TARUNA_JAPA)
1801046065_Exsa Taruna Japa_TUGAS AKHIR - Exsa Taruna Japa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Exsa Taruna Japa (1801046065), Peningkatan Keahlian Kerja Bagi Penerima Manfaat Kartu Prakerja Melalui Webinar di Kota Semarang.
Peningkatan keahlian merupakan suatu proses untuk meningkatkan kemampuan akal, pikiran, ide, dan kreativitas dalam mengerakan sesuatu menjadi lebih bermanfaat. Program Kartu Prakerja merupakan program peningkatan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi. Rumusan masalah penelitian ini : (1) Bagaimana proses peningkatan keahlian kerja penerima manfaat Kartu Prakerja melalui webinar di Kota Semarang, (2) Bagaimana perubahan keahlian kerja bagi penerima manfaat Kartu Prakerja melalui webinar di Kota Semarang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses peningkatan keahlian kerja penerima manfaat Kartu Prakerja melalui webinar di Kota Semarang dan mengetahui perubahan keahlian kerja bagi penerima manfaat Kartu Prakerja melalui webinar di Kota Semarang. Jenis penelitian in adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber data, karena pada penelitian ini menggali kebenaran informasi menggunakan berbagai sumber data seperti hasil observasi, dokumentasi, dan wawancara.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan dua hal sebagai berikut : pertama, proses peningkatan keahlian kerja penerima manfaat Kartu Prakerja melalui webinar di Kota Semarang yaitu ; (1) Tahap Problem Posing (Pemaparan masalah), (2) Tahap Action Plans (Perencanaan Tindakan), (3) Tahap Pelaksanaan Kegiatan, (4) Tahap Evaluasi. Kedua, peningkatan keahlian kerja penerima manfaat Kartu Prakerja melalui webinar di Kota Semarang menghasilkan perubahan yaitu, (1) Adanya Peningkatan Keahlian, (2) Adanya peningkatan modal usaha dan kondisi ekonomi, (3) Menambah wawasan dan pengalaman kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Keahlian; Kartu Prakerja; Kerja; Webinar
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 333 Land economics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 22 Nov 2023 09:34
Last Modified: 22 Nov 2023 09:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21875

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics