Peran home industri furniture terhadap kesejahteraan ekonomi pekerja : studi pada Home Industri Ataya Jaya Desa Dombo,Kecamatan Sayung Kabupaten Demak

Rosyidah, Siti (2023) Peran home industri furniture terhadap kesejahteraan ekonomi pekerja : studi pada Home Industri Ataya Jaya Desa Dombo,Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1606026059_Siti_Rosyidah] Text (Skripsi_1606026059_Siti_Rosyidah)
1606026059-siti rosyidah-skripsi full - Siti Rosyidah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)

Abstract

Home Industri merupakan tempat untuk melakukan usaha atau kegiatan yang menghasilkan barang atau jasa, industri yang pusat kegiatanya dilakukan dirumah. Home industri di desa Dombo ini merupakan kegiatan usaha yang berperan mendukung perekonomian masyarakat, diantaranya membuka lapangan pekerjaan, memenuhi kebutuhan,meningkatkan pendapatan. Banyaknya para pemuda yang belum memperoleh pekerjaan, serta ibu rumah tangga yang membutuhkan tambahan pendapatan membuat pemilik home industri untuk melakukan perekrutan tenaga kerja,sehingga dengan membuka lapangan pekerja bisa mengurangi penganguran dan menambah pendapatan bagi pekerja.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, lokasi penelitian ini berada di Desa Dombo Kecamatan Sayung Kabupaten Demak, dengan kategori informan yakni pemilik usaha home industri, istri pemilik home industri,pekerja harian, pekerja borongan dan pekerja serabutan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara,dan dokumentasi. Penulis langsung mengamati pekerja harian,serabutan,dan borongan pada home industri furniture Ataya Jaya Desa Dombo Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Sifat penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis, yaitu menguraikan atau menggambarkan apa adanya data hasil penelitian yang berupa data wawancara maupun data yang penulis peroleh,selanjutnya dilakukan analisis kemudian dijelaskan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan normatif.
Adapun Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa home industri furniture Ataya Jaya berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan pekerjanya, membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar, serta meninggkatkan relasi dan strategi pada home industri furniture Ataya Jaya.Hal ini dapat ditunjukkan dengan adanya bentuk kerja sama yang baik dari pemilik home industri, pekerja,dan rekan bisnis untuk mewujudkan salah satu misinya memperbaiki ekonomi untuk pekerja,supaya tercipta kesejahteraanya. Strategi yang dilakukan adalah dengan membuka kesempatan kerja,membangun relasi yang baik dengan pekerja dan rekan bisnis, serta meningkatkan kualitas produk yang di produksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Home industri; furniture; Ataya Jaya
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 23 Oct 2023 07:19
Last Modified: 23 Oct 2023 07:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21877

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics