Pengaruh body shaming dan intensitas interaksi teman sebaya terhadap kepercayaan diri remaja putri di Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan

Khoirunisa, Novita (2023) Pengaruh body shaming dan intensitas interaksi teman sebaya terhadap kepercayaan diri remaja putri di Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1807016023_Novita Khoirunisa_Lengkap] Text (Skripsi_1807016023_Novita Khoirunisa_Lengkap)
Skripsi_1807016023_Novita Khoirunisa_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kepercayaan diri merupakan keyakinan atas kemampuan yang dimiliki individu sehingga individu mampu meraih apa yang diinginkan. Setiap individu memiliki tingkat kepercayaan diri yang berbeda-beda, dimana hal ini biasanya dipengaruhi oleh sejauh mana penerimaan lingkungan sekitar terhadap masing-masing individu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh body shaming dan intensitas interaksi teman sebaya terhadap kepercayaan diri remaja putri di Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan.
Sampel dalam penelitian ini berjumlah 227 remaja putri di Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling incidental. Alat ukur penelitian ini terdiri dari skala body shaming, skala intensitas interaksi teman sebaya dan skala kepercayaan diri. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa body shaming berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan diri dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Sedangkan intensitas interaksi teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan diri dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Sedangkan body shaming dan intensitas interaksi teman sebaya secara simultan berpengaruh signifikansi terhadap kepercayaan diri dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dengan kontribusi sebesar 45%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Body shaming; Intensitas interaksi; Kepercayaan diri
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 24 Oct 2023 04:25
Last Modified: 24 Oct 2023 04:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21902

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics