Peran kelompok Tani Ngudi Rahayu II dalam pengembangan ekonomi masyarakat melalui budidaya alpukat di Desa Kebondalem Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang

A’isyah, Putri Sofiyana (2023) Peran kelompok Tani Ngudi Rahayu II dalam pengembangan ekonomi masyarakat melalui budidaya alpukat di Desa Kebondalem Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_1901046007_PUTRI_SOFIYANA_A’ISYAH] Text (SKRIPSI_1901046007_PUTRI_SOFIYANA_A’ISYAH)
1901046007_Putri Sofiyana A_isyah_Lengkap Tugas Akhir - Putri Sofiyana A.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Putri Sofiyana Aisyah (1901046007) penelitian ini berjudul Peran Kelompok Tani Ngudi Rahayu II dalam Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Budidaya Alpukat di Desa Kebondalem Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang.
Kelompok petani memegang peran penting dalam perekonomian nasional. Melalui inovasi kreatifnya, dapat mewujudkan pengembangan ekonomi masyarakat yang lebih baik. Implementasi pengembangan ekonomi masyarakat terfokus pada budidaya dan usaha tani melalui sebuah wadah organisasi yang disebut kelompok tani. Kelompok Tani Ngudi Rahayu II memberikan kontribusinya melalui budidaya dan usaha tani alpukat kualitas unggul. Dampak dari hal tersebut anggota kelompok dan masyarakat mengalami peningkatan pendapatan yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya juga berdampak pada kebijakan suatu kelompok dalam menjalankan peran pengembangan ekonomi masyarakat.
Demikian penulis membuat rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana peran Kelompok Tani Ngudi Rahayu II dalam Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Budidaya Alpukat di Desa Kebondalem Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang?., dan 2) Bagaimana hasil pengembangan ekonomi masyarakat melalui budidaya alpukat oleh Kelompok Tani Ngudi Rahayu II di Kelurahan Kebondalem Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang?. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian, dianalisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pengembangan ekonomi masyarakat melalui budidaya alpukat, Kelompok Tani Ngudi Rahayu II telah melakukan 4 (empat) perannya yaitu peran fasilitatif (melakukan inovasi merambah ke komoditi alpukat), peran pendidikan (partisipasi masyarakat dalam menerima pembelajaran), peran perwakilan (kerja sama dan bersinergi menjalankan tugas sesuai dengan pokok tugasnya masing-masing), dan peran ketrampilan teknik (masyarakat mampu memahami dan menerapkan apa yang telah mereka dapatkan). Hasil pengembangan ekonomi masyarakat melalui budidaya alpukat oleh Kelompok Tani Ngudi Rahayu II yaitu teratasinya masalah pengangguran dan berkurangnya angka kemiskinan, berkembangnya usaha dan budidaya alpukat yang berhasil dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dengan memanfaatkan hampir semua komponen yang ada pada tanaman alpukat, terwujudnya kepedulian dan kemandirian masyarakat dalam meningkatkan kesejahterannya dibuktikan dengan meningkatnya hasil pendapatan anggota kelompok maupun masyarakat serta meningkatnya kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) Kelompok Tani Ngudi Rahayu II dan masyarakat Kalibening

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran Kelompok Tani; Pengembangan Ekonomi Masyarakat; Budidaya Alpukat; Pemberdayaan Masyarakat
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 02 Dec 2023 06:48
Last Modified: 02 Dec 2023 06:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21905

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics