Pemberdayaan perempuan desa melalui home industri usaha ikan asap : studi di Desa Sendangmulyo Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang

Hidayah, Eka Kholifatul (2023) Pemberdayaan perempuan desa melalui home industri usaha ikan asap : studi di Desa Sendangmulyo Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1706026008_Eka_Kholifatul_Hidayah] Text (Skripsi_1706026008_Eka_Kholifatul_Hidayah)
1706026008_Eka Kholifatul Hidayah_Full Skripsi - Eka kholifatul Hidayah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pemberdayaan perempuan merupakan sebagai model pembangunan yang berupaya untuk meningkatkan harkat dan martabat para perempuan. Pemberdayaan perempuan melalui home industri ikan asap di Desa Sendangmulyo, pada dasarnya untuk melakukan pengembangan dan perubahan perempuan yang lebih baik, yang dapat mendorong transformasi sosial. Berkaitan dengan pemberdayaan perempuan, pemerintah desa membantu dengan cara beberapa strategi yang diterapkan yaitu, membimbing atau melatih dalam menjalankan tugasnya, pelatihan untuk meningkatkaan kesadaran, pengetahuan dan ketrampilan, dan program pinjaman modal yang mencangkup pelatihan dan motivasi kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan peran aparat desa dalam pemberdayaan perempuan dan mengetahui dampak pemberdayan perempuan terhadap kesejahteraan melalui home industri.
Penelitian ini merupakaan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Untuk menggambarkan fenomena yang ada di lapangan yang kemudian menggunakan teori pemberdayaan Ife. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Setelah data didapatkan, kemudian dilakukan analisis dengan melalui beberapa tahapan yakni, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, pelaksanaan pemberdayaan perempuan melalui home industri ikan asap yang bertujuan untuk menciptakan perempuan yang mandiri memang belum dilaksanakan dengan baik oleh pemerintah desa. Hambatan-hambatan yang ditemukan diantaranya, kurang meratanya sarana dan prasarana, rendahnya mutu sumber daya manusia. Upaya yang telah dilakukan pemerintah desa untuk mengatasi hambatan dalam pemberdayaan diantaranya, pemerintah melakukan perencanaan, menjalin komunikasi, memberikan pelatihan, sosialisasi, maupun dalam hal lainnya yang berkaitan dengan pemberdayaan perempuan home industri ikan asap.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Home industri: perempuan; ikan asap; pemerintah.
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 24 Oct 2023 06:47
Last Modified: 24 Oct 2023 06:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21910

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics