Pengembangan ekonomi masyarakat berbasis potensi lokal : studi pada wisata Pantai Jodo Desa Sidorejo Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang

Mahendra, Gian Rizky (2023) Pengembangan ekonomi masyarakat berbasis potensi lokal : studi pada wisata Pantai Jodo Desa Sidorejo Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1706026039_Gian_Rizky_Mahendra] Text (Skripsi_1706026039_Gian_Rizky_Mahendra)
Gian Rizky Mahendra_1706026039_LengkapTugas Akhir - Gian Rizky (Jayen).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Peningkatan ekonomi masyarakat melalui wisata pantai Jodo merupakan fenomena yang menarik untuk diteliti, apalagi usahanya mampu mendorong masyarakat yang lebih berproduktif dan tentunya ekonomi kehidupan masyarakat meningkat dengan terbukanya peluang kerja dan peluang usaha lain seperti pedagang dan pegawai taman wisata. Hal tersebut menjadi fokus kajian dalam skripsi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterlibatan masyarakat dalam memanfaatkan pengembangan wisata pantai Jodo Desa Sidorejo dan apa faktor pendukung serta penghambat pada proses pengembangan wisata pantai Jodo.
Jenis penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif serta dengan pendekatan naratif deskriptif. Sedangkan teori yang digunakan adalah teori pilihan rasional James Coleman. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, penulis menganalisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya bentuk partisipasi keterlibatan masyarakat dalam memanfaatkan wisata pantai Jodo mulai dari proses awal perencanaan, pelaksanaan serta pelibatan di dalam pengembangannya. Pantai Jodo pula ternyata memilki potensi untuk dijadikan sebagai objek wisata pantai. Manfaat ekonomi paska dibukanya taman wisata juga dirasakan oleh masyarakat mulai dari meningkatnya pendapatan, sadar akan potensi yang dimiliki masyarakat serta membuka lapangan pekerjaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Potensi lokal; peningkatan ekonomi; wisata; Pantai Jodo; warga pantai
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 24 Oct 2023 09:42
Last Modified: 24 Oct 2023 09:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21924

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics