Efektivitas penggunaan metode yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas VII SMP Nurul Islami Semarang

Nurjannah, Dwi Umi (2023) Efektivitas penggunaan metode yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas VII SMP Nurul Islami Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1903016084_DWI_UMI_NURJANNAH] Text (SKRIPSI_1903016084_DWI_UMI_NURJANNAH)
1903016084_Dwi Umi Nurjannah_Full Skripsi - Dwi Umi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Al-Qur’an merupakan pedoman hidup bagi umat Islam. Sebagai umat Islam harus bisa membaca Al-Qur’an sejak dini. Namun pada nyatanya masih terdapat siswa yang belum lancar dalam membaca Al-Qur’an, masih merasa kesulitan dalam memahami bacaan tajwid dan tidak bisa menulis arab.
Heterogenitas siswa dari latarbelakang sekolah, pembiasaan, pengalaman, penguasaan materi dan pemahaman dalam pembelajaran dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Berdasarkan dari masalah tersebut terfokus pada bagaimana efektivitas penggunaan metode Yanbua dalam meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an siswa kelas VII SMP Nurul Islami Semarang.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, tes, dan dokumentasi. Intrumen tes harus diuji validitas dan reliabilitas. Kemudian data hasil penelitian diuji normalitas,dan dianalisis menggunakan Uji Independent Sample t Test.
Hasil uji independent sample t test. diperoleh thitung > ttabel,. Hasil nilai berdasatr nilai t sebesar 4,161 > 2,028. Kemudian dari hasil nilai signifikansi 5% menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0,000. Yang artinya nilai sig. tersebut lebih kecil dari alfa, yaitu 0,000 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Yanbu’a efektif dalam meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa Kelas VII SMP Nurul Islami Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Metode Yanbua; Baca Tulis Al-Qur’an.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 26 Oct 2023 07:34
Last Modified: 26 Oct 2023 07:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21956

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics