Pembelajaran pendidikan agama islam & budi pekerti berbasis implementasi kurikulum merdeka (analisis implementasi di SMPN 23 Semarang)

Stiawan, Willdan Amzam (2023) Pembelajaran pendidikan agama islam & budi pekerti berbasis implementasi kurikulum merdeka (analisis implementasi di SMPN 23 Semarang). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1903016085_WILLDAN_AMZAM_STIAWAN] Text (SKRIPSI_1903016085_WILLDAN_AMZAM_STIAWAN)
1903016085_Willdan Amzam Stiawan_Full Skripsi - Willdan Amzam.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kebijakan implementasi kurikulum merdeka merupakan suatu terobosan dalam bidang pendidikan di Indonesia untuk mewujudkan sumber daya manusia yang unggul dan memiliki profil pelajar pancasila. Penelitian ini memfokuskan pada tiga permasalahan yaitu 1) bagaimana perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berbasis implementasi kurikulum merdeka di SMP N 23 Semarang, 2) bagaimana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berbasis implementasi kurikulum merdeka di SMP N 23 Semarang, dan 3) Bagaimana penilaian/asesmen pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berbasis IKM di SMP Negeri 23 Semarang?
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan lokasi penelitian di SMP Negeri 23 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini adalah, Guru PAI&BP, dan Peserta didik kelas VII. Adapun Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMP Negeri 23 Semarang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian/asesmen sudah sesuai standar yang diterapkan, dapat dilihat dari perencanaan pembelajaran yang dikutip dan dimodifikasi serta disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik seperti Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Modul Ajar. Begitu juga dengan pelaksanaan pembelajarannya meliputi kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup yang menggunakan model, metode, dan media yang bervariasi. Di sisi lain terdapat tiga asesmen yang digunakan dalam penilaian pembelajaran yang memiliki tujuan masing-masing yaitu asesmen diagnostik, formatif, dan sumatif yang sudah sesuai. Sedangkan kendala yang dihadapi dalam implementasi kurikulum merdeka berupa kelengkapan sarana dan prasarana sebagai pendukung proses pembelajaran dan adanya pembelajaran berbasis proyek yang mana guru masih dalam tahap penyesuaian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti; Implementasi; dan Kurikulum Merdeka.
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 26 Oct 2023 07:41
Last Modified: 26 Oct 2023 07:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21957

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics