Peningkatan kesejahteraan masyarakat pesisir melalui Bumdes Moro Berkah di Desa Mororejo Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal

Khoirudin, Albar (2023) Peningkatan kesejahteraan masyarakat pesisir melalui Bumdes Moro Berkah di Desa Mororejo Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1901046024_ALBAR_KHOIRUDIN] Text (SKRIPSI_1901046024_ALBAR_KHOIRUDIN)
1901046024_Albar Khoirudin_Lengkap Tugas Akhir - Nadia Audiary.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Albar Khoirudin (1901046024) Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Pesisir Melalui BUMDes Moro Berkah di Desa Mororejo Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal.
Masyarakat pesisir merupakan suatu kelompok masyarakat yang bermukim di sekitar daerah garis pantai dan segala aktifitasnya cukup bergantung pada sumber daya kelautan dalam menunjang kelangsungan hidup. Sehingga hal tersebut masyarakat pesisir belum sejahtera. Dalam mencapai kesejahteraan perlu adanya peran lembaga sosial dalam usaha meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penguatan modal sosial dan pemberdayaan masyarakat, salah satunya melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). BUMDes Moro Berkah di Desa Mororejo memberikan solusi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat pesisir melalui kegiatan tahapan-tahapan peningkatan kesejahteraan yang dilakukan dan berdampak juga pada meningkatnya perekomian serta adanya perubahan nilai-nilai positif pada masyarakat pesisir Desa Mororejo.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tahapan-tahapan peningkatan kesejahteraan masyarakat pesisir melalui BUMDes Moro Berkah, dan (2) Bagaimana perubahan kondisi kesejahteraan masyarakat pesisir setelah adanya BUMDes Moro Berkah. Dalam menjawab rumusan masalah, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif serta menggunakan pendekatan studi kasus dengan melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mengetahui peningkatan kesejahteraan masyarakat pesisir melalui BUMDes Moro Berkah dan (2) mengetahui hasil perubahan kondisi kesejahteraan masyarakat pesisir setelah adanya BUMDes Moro Berkah.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) tahapan peningkatan yang dilakukan BUMDes Moro Berkah dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat pesisir hakikatnya dilakukan melalui pemberdayaan masyarakat yang meliputi (a) tahap penyadaran (pengidentifikasian potensi Desa Mororejo dalam mendirikan unit usaha), (b) tahap pengkapasitasan (pendirian lima unit usaha diantarannya pengelolaan wisata pantai, pengelolaan limbah & sampah tidak berbahaya, pengelolaan lapangan, unit jasa pembayaran dan unit perdagangan), tahap pendayaan (perekrutan pekerja masyarakat pesisir Desa Mororejo) dan (c) tahap evaluasi (evaluasi kinerja dalam satu bulan sekali dan enam bulan sekali dalam acara Musyawarah Desa Mororejo. (2) perubahan kondisi kesejahteraan masyarakat pesisir setelah adanya BUMDes Moro Berkah diantarannya (a) sikap dan tertib dalam berdagang, (b) perubahan pemikiran dalam berdagang dan (c) peningkatan nilai-nilai positif masyarakat pesisir Desa Mororejo diantaranya meningkatnya sikap dan perilaku kesehatan, meningkatnya perekonomian yang menunjang minat pendidikan, terjaganya nilai sosial, budaya dan agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan Masyarakat; Masyarakat Pesisir; Badan Usaha Milik Desa
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 02 Dec 2023 07:44
Last Modified: 02 Dec 2023 07:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21969

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics