Partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah anorganik di Bank Sampah Melati Karonsih Timur Kelurahan Ngaliyan Kota Semarang

Rahmah, Fatikhatur (2023) Partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah anorganik di Bank Sampah Melati Karonsih Timur Kelurahan Ngaliyan Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1901046029_FATIKHATUR_RAHMAH] Text (SKRIPSI_1901046029_FATIKHATUR_RAHMAH)
skripsi fix - Fatihatur Rahmah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah Anorganik di Bank Sampah Melati Karonsih Timur Kelurahan Ngaliyan Kota Semarang. Fatikhaturrahmah 1901046029
Permasalahan sampah merupakan salah satu masalah lingkungan yang tidak dapat dihindari hingga saat ini, permasalahan sampah menjadi problem yang sangat serius yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia, tidak hanya di Indonesiatetapi juga di negara lain mendapatkan permasalah yang serupa. PerumahanKaronsih Timur merupakan salah satu wilayah di Kelurahan Ngaliyan Kota Semarang yang memiliki tingkat kepedulain lingkungan yang tinggi. Hal tersebut dapat kita lihat dari adanya sistem bank sampah di setiap RW nya. Karonsih Timur terdapat bank sampah yang diberi nama Bank Sampah Melati atau yang sering disebut BSM. Adanya sistem Bank Sampah Melati dapat meningkatkan kesadaran bagi masyarakat sekitar akan baiknya pengelolaan sampah. Semenjak adanya sistem Bank Sampah di Karonsih Timur, sampah sudah mulai tertata dengan rapi dan bersih. Maka dari itu penulis mengangkat rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana bentuk partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah anorganik di Bank Sampah Melati Karonsih Timur Kelurahan Nggaliyan Kota Semarang. (2) Bagaimana hasil dari pengelolaan sampah anorganik di Bank Sampah Melati Kelurahan Karonsih Timur Kota Semarang.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan diskriptif. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, setelah itu peneliti menggunakan Teknik analisis data dengan Teknik Analisa Miles-Huberman seperti reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) Bentukpartisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah di Bank Sampah Melati melalui dua bentuk partisipasi masyarakat yaitu partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan kegiatan, partisipasi masyarakat dalam pemanfaatan. (2) Hasil dari pengelolaan sampah di Bank Sampah Melati sebagai berikut a) meningkatkan pendapatan masyarakat (b) meningkatkan kreativitas masyarakat (c) meningkatkan kebersihan lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Masyarakat; Pengelolaan Sampah Anorganik; Bank Sampah
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 02 Dec 2023 07:51
Last Modified: 02 Dec 2023 07:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21971

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics