Implementasi media pembelajaran berbasis daring platform youtube pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu

Hani, Laily Syarifatul (2023) Implementasi media pembelajaran berbasis daring platform youtube pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1903016109_LAILY_SYARIFATUL_HANI] Text (SKRIPSI_1903016109_LAILY_SYARIFATUL_HANI)
1903016109_Laily Syarifatul Hani_Lengkap Tugas Akhir - Laily Syarifatul Hani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi media pembelajaran berbasis daring platform Youtube dan kelebihan pengimplementasian media pembelajaran platform Youtube dibanding media pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas X di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu, Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala madrasah, guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, dan siswa kelas X MA NU 03 Sunan Katong. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta verifikasi atau penyimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Dalam implementasi media pembelajaran berbasis daring platform Youtube pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas X MA NU 03 Sunan Katong terdapat empat pembahasan, yaitu tahap persiapan konten, proses implementasi, kendala yang dihadapi, dan faktor pendukung keberhasilan implementasi media pembelajaran platform Youtube. Pada tahap persiapan, guru memiliki kriteria tersendiri dalam memilih konten yang digunakan. Dalam tahap kedua, pelaksanaan pembelajaran dimulai dengan guru yang membuka pembelajaran, penayangan video, penyampaian materi, dan evaluasi. Dari segi kualitas, video yang ditayangkan terbilang baik dan dianggap dapat mencapai tujuan pembelajaran secara efisien. Pembahasan ketiga mengenai kendala yang dihadapi antara lain kendala sarana dan prasarana, keterbatasan teknologi sebagian siswa, penyalahgunaan ponsel oleh siswa dalam kelas, peningkatan intensitas penggunaan ponsel dan laptop, kondisi jaringan internet yang buruk, keadaan kelas yang gaduh, serta keadaan siswa yang kurang fokus. Pembahasan keempat mengenai faktor-faktor pendukung keberhasilan implementasi media pembelajaran Youtube meliputi; konten video pembelajaran yang bagus dan sesuai kualifikasi, serta tersedianya sarana dan prasarana sekolah yang mendukung penerapan media pembelajaran. 2) Kelebihan pengimplementasian media pembelajaran berbasis daring platform Youtube dibanding media konvensional meliputi; menjadikan siswa aktif dan bersemangat dalam kelas, pembelajaran menjadi tidak membosankan, suasana kelas menjadi lebih tenang dan kondusif, siswa lebih mudah paham karena adanya gambaran peristiwa terkait materi yang dipelajari, dapat dijadikan solusi untuk mengurangi tingkat kebosanan dan kekeliruan siswa, dapat meningkatkan ingatan siswa, serta dapat mewujudkan pembelajaran yang efektif dan efisien sesuai tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi Media Pembelajaran Daring; Media Youtube; Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 28 Oct 2023 01:36
Last Modified: 28 Oct 2023 01:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21976

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics