E-commerce kelompok tani Kalipancur agro berbasis web

Nashirudin, Reza Azzindani (2023) E-commerce kelompok tani Kalipancur agro berbasis web. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808096011_Reza Azzindani Nashirudin_Lengkap] Text (Skripsi_1808096011_Reza Azzindani Nashirudin_Lengkap)
Skripsi_1808096011_Reza Azzindani Nashirudin_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kelompok Tani Kalipancur Agro yang terletak di kelurahan Kalipancur kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang adalah kelompok tani yang bergerak di bidang pembibitan tanaman. Dalam kegiatan transaksi selama ini masih menggunakan metode konvensional yaitu pelanggan perlu mendatangi lokasi petani untuk bisa memilih bibit yang hendak dibeli, belum lagi petani yang menjual bibit dengan kualitas yang sama namun memiliki perbedaan harga. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menerapkan sebuah sistem e-commerce berbasis web untuk penjualan bibit tanaman dengan fitur yang mencakup antara lain; penjualan bibit, pengecekan pesanan, pembayaran dan sejumlah fitur pendukung lainnya. Perancangan sistem menggunakan metode pengembangan System Development Life Cycle (SDLC) dengan pendekatan Waterfall yang terdiri dari beberapa tahapan diantaranya yaitu requirement (kebutuhan), design (rancangan), implementation (penerapan), verification (verifikasi) dan maintenance (pemeliharaan). Sistem yang telah dibuat lalu diafiliasikan dengan jasa penyedia hosting agar dapat diakses oleh semua orang. Sistem yang telah dibuat juga telah melewati tahap uji fungsionalitas menggunakan metode Black Box Testing yang menghasilkan bahwa sistem dapat berjalan sesuai dengan fungsinya dan uji kelayakan menggunakan metode User Acceptance Testing dengan jumlah 11 pertanyaan dan 30 responden diperoleh hasil presentase sebesar 83% yang termassuk dalam kategori Sangat Kuat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: E-commerce; Sitem Informasi; Bibit Tanaman; Web
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > 668 Technology of other organic products
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 59201 - Teknologi Informasi
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 15 Nov 2023 10:10
Last Modified: 15 Nov 2023 10:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21977

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics