Clustering paru-paru tuberkulosis dan normal berdasarkan citra x-ray menggunakan segmentasi citra chan-vese dan canny dengan k-means

Putri, Fayza Nayla Riyana (2023) Clustering paru-paru tuberkulosis dan normal berdasarkan citra x-ray menggunakan segmentasi citra chan-vese dan canny dengan k-means. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1908096020_Fayza Nayla Riyana Putri_Lengkap] Text (Skripsi_1908096020_Fayza Nayla Riyana Putri_Lengkap)
Skripsi_1908096020_Fayza Nayla Riyana Putri_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Paru-paru adalah organ vital dalam tubuh manusia. Jika terjadi gangguan pada fungsi paru-paru, maka kesehatan tubuh manusia secara keseluruhan dapat terganggu. Pemeriksaan oleh tenaga medis perlu dilakukan bila terjadi gangguan pada fungsi paru. Pemeriksaan ini biasanya dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui prosedur pemeriksaan rontgen dada. Penerapan Artificial Intelligence berkembang pesat di bidang medis, terutama dalam diagnostik dan manajemen pengobatan. Kecerdasan buatan dalam dunia medis juga dapat diterapkan dalam mengolah data citra di bidang radiologi untuk menganalisis hasil rontgen sebagai penunjang informasi diagnostik. Operator Chan-Vese dan Canny merupakan dua operator deteksi tepi dalam pengolahan citra digital dalam upaya mendapatkan informasi yang diperlukan berdasarkan bentuk dan ukuran objek. Penelitian ini dilakukan untuk pengelompokan kondisi paru normal dan tuberkulosis berdasarkan hasil segmentasi citra rontgen dada dari Chan-Vese dan Canny menggunakan K-Means Clustering. Hasil clustering menggunakan K-Means diperoleh nilai akurasi sebesar 73%, Sensitivitas (Recall) sebesar 54%, Presisi sebesar 97%, dan F1 Score sebesar 69%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Deteksi tepi canny; Segmentasi chan-vese; Pneumonia; Tuberculosis
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 616 Diseases
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 59201 - Teknologi Informasi
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 28 Oct 2023 02:43
Last Modified: 28 Oct 2023 02:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21985

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics