Pengembangan prototype user interface aplikasi Jalan Cantik Jawa Tengah menggunakan metode design thinking

Azzahra, Alifia Fara (2023) Pengembangan prototype user interface aplikasi Jalan Cantik Jawa Tengah menggunakan metode design thinking. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skirpsi_1908096024_Alifia Fara Azzahra_Lengkap] Text (Skirpsi_1908096024_Alifia Fara Azzahra_Lengkap)
Skirpsi_1908096024_Alifia Fara Azzahra_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Aplikasi Jalan Cantik merupakan aplikasi yang bertujuan untuk melaporkan kerusakan Jalan Rusak, dengan adanya aplikasi ini dapat meningkatkan partisipasi masyarakat pada Jalan tanpa lubang di Provinsi Jawa Tengah. Dikarenakan tampilan pada aplikasi jalan cantik masih menggunakan desain yang sederhana dan hanya memiliki beberapa fitur pada tampilan visualnya saja. Melihat dan mengamati beberapa masalah pada aplikasi Jalan Cantik, aplikasi membutuhkan rancangan pengembangan desain User Interface pada aplikasi Jalan Cantik. Metode yang dipakai adalah metode design thinking. Design thinking adalah metode penyelesaian masalah yang berfokus pada pengguna (user). Tahapan yang ada dalam design thinking yaitu Emphatize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Pada pengujian usability testing menggunakan maze design mendapatkan kualifikasi sangat baik dan mendapatkan nilai keseluruhan sebesar 91%, nilai tersebut diambil dari rata-rata hasil seperti key performance: succes user, bounce user, user duration and misclick user. Pada analisa usability testing data hasil rekapitulasi system usability scale (SUS) diperoleh nilai rata-rata responden 81,125. Diperoleh hasil bahwa tingkat Acceptability range pada grade acceptable, tingkat Grade Scale berada pada kategori A dengan percentile range 91, tingkat Adjective Rating berada pada kategori Excellent.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Jalan cantik; User interface; Design thinking
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering and allied operations > 625 Engineering of railroads, roads
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 59201 - Teknologi Informasi
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 28 Oct 2023 02:54
Last Modified: 28 Oct 2023 02:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21986

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics