Evaluasi mekanisme fundraising di Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) Kantor Kementrian Agama Kabupaten Demak

Berlian, Ria (2023) Evaluasi mekanisme fundraising di Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) Kantor Kementrian Agama Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of 1901036004_RIA BERLIAN_SKRIPSI] Text (1901036004_RIA BERLIAN_SKRIPSI)
RIA BERLIAN_Tugas Akhir Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Ria Berlian (1901036004). Evaluasi Mekanisme Fundraising di Unit Pengumpulan Zakat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak
UPZ Kementerian Agama Kabupaten Demak merupakan bagian dari lembaga pengelola zakat yang dikukuhkan oleh BAZNAS Kabupaten Demak yang berdiri sejak tahun 2013. Penelitian ini dilakukan di UPZ Kemenag Demak, dalam perannya, amil zakat mengemban amanah dalam manajemen dana tersebut. Apabila amil zakat bisa menjalankan perannya secara baik maka tujuh asnaf zakat yang lain bisa menunjukkan peningkatan kesejahteraan. UPZ Kemenag Demak tidak memiliki donatur tetap, sehingga dana yang didapatkan hanya dari muzakki. Aktivitas sumber dana fundraising mempunyai tujuan bagi lembaga ataupun organisasi social sehingga keberadaanya bisa tetap melangsungkan program operasional yang telah ada. Masing-masing lembaga maupun organisasi social mempunyai berbagai teknik dalam melakukan penghimpunan dana (fundraising) serta masing-masing lembaga mempunyai kekurangan dan keunggulan pada cara fundraising ini.
Penelitian ini dilakukan (1) untuk menganalisis metode-metode fundraising di unit Pengumpulan Zakat Kementerian Agama Kabupaten Demak, (2) untuk menganalisis evaluasi mekanisme fundraising di Unit Pengumpulan Zakat Kementerian Agama Kabupaten Demak. Metode penelitian kualitatif dipilih pada penelitian dengan memanfaatkan metode untuk mengumpulkan data yaitu teknik triangulasi pada hasil data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik keabsahan data. Penulis memanfaatkan teknik analisis data berupa Miles dan Huberman dengan beberapa tahapan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
UPZ Kementerian Agama Kabupaten Demak diindikasi menerapakan metode tidak langsung (indirect fundraising) ketika melakukan penghimpunan dana zakat, dimana metode ini tidak bersentuhan langsung dengan para muzakki akan tetapi dimasa sekarang dunia digital sudah semakin canggih. UPZ Kemenag Demak melakukan evaluasi setiap semester melalui rapat internal yang dilakukan setiap semester. Setelah kegiatan selesai pengurus membuat laporan pertanggung jawaban setiap program dan akan di evaluasi oleh penasehat yang dimiliki oleh UPZ Kemenag Demak. Laporan yang berisi kekurangan-kekurangan selama program berlangsung dan juga beberapa hal yang perlu diprioritaskan. Melalui kegiatan fundraising UPZ melaksanakan kegiatan evalusi, walaupun evaluasi yang dilakukan UPZ hanya persemester hal tersebut terbilang efektif dikarenakan evaluasi yang digunakan oleh UPZ yaitu evaluasi Input, proses dan hasil (output) agar bisa memahami terdapatnya tujuan kegiatan yang dilakukan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Evaluasi; Mekanisme; Fundraising; Zakat;
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 28 Oct 2023 06:43
Last Modified: 28 Oct 2023 06:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21994

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics