Etika pembelajar dalam kitab tanbihul muta’allim karya KH. Ahmad Maisur Sindi

Al Manan, M. Niamulloh (2023) Etika pembelajar dalam kitab tanbihul muta’allim karya KH. Ahmad Maisur Sindi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1903016129_M. NIAMULLOH AL MANAN] Text (SKRIPSI_1903016129_M. NIAMULLOH AL MANAN)
SKRIPSI FULL POWER - Niam Al Manan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Etika memainkan peran penting dalam banyak bidang kehidupan, termasuk moralitas pribadi, etika bisnis, etika medis, etika lingkungan, etika pendidikan, dan sebagainya. Pembelajar yang mempunyai etika mulia akan mampu mewujudkan norma-norma dan nilai-nilai positif yang akan mempengaruhi keberhasilan di dalam proses pendidikan dan pengajaran.
Penelitian ini berupa penelitian kepustakaan (library reasearch) dan bersifat kualitatif dengan pendekatan kualitatif yaitu dengan cara mengumpulkan informasi dan data dengan bantuan berbagai macam material yang ada di perpustakaan seperti buku referensi, hasil penelitian sebelumnya yang sejenis, artikel, catatan, serta berbagai jurnal yang berkaitan dengan masalah yang ingin dipecahkan. Adapun sumber datanya berasal dari data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode penelusuran kepustakaan dan metode dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini yaitu etika pembelajar yang terdapat dalam kitab Tanbihul Muta’allim ada 7 diantaranya adalah etika sebelum berangkat ke sekolah, etika di ruang kelas, etika ketika pulang sekolah, etika terhadap diri sendiri, etika terhadap orang tua, etika terhadap guru, etika terhadap ilmu. etika yang terdapat di dalam kitab Tanbihul Muta’allim sangat berguna untuk di terapkan di era sekarang ini. Etika pembelajar dalam kitab Tanbihul Muta’alim akan menjadi hal sangatlah penting bagi para penuntut ilmu atau peserta didik dikarenakan pada zaman sekarang yang semakin modern adab seolah-olah tidak ada lagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Etika pembelajar; Kitab Tanbihul Muta’allim; Pendidikan Era Sekarang
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 28 Oct 2023 06:52
Last Modified: 28 Oct 2023 06:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21998

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics