Analisis kepuasan pengunjung berdasarkan aspek 4A(Attraction, Accesibility, Amenities, Ancillary) di Makam Syekh Armia bin Kurdi Tegal

Risqi, Aulia Rima Dini (2023) Analisis kepuasan pengunjung berdasarkan aspek 4A(Attraction, Accesibility, Amenities, Ancillary) di Makam Syekh Armia bin Kurdi Tegal. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of 1901036005_AULIA_RIMA_DINI_RISQI_SKRIPSI] Text (1901036005_AULIA_RIMA_DINI_RISQI_SKRIPSI)
1901036005_Aulia Rima Dini Risqi_ SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penulis Aulia Rima Dini Risqi, 2023, NIM 1901036005, Skripsi Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi dengan Judul penelitian ”Analisis Kepuasan Pengunjung Berdasarkan Aspek 4A Di Makam Syekh Armia Bin Kurdi Tegal”.
Pertumbuhan tujuan wisata yang berkembang sebagian besar bergantung pada seberapa puas pengunjungnya. Karena salah satu kunci untuk mempertahankan tamu adalah sering mengukur kebahagiaan pelanggan, lokasi wisata akan bertindak dengan bijak. Maka dari itu untuk mengetahui tingkat kepuasan pengunjung harus dilihat dari bagaimana aspek komponen destinasi wisata yang berada di Makam Syekh Armia Bin Kurdi Tegal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengunjung wisata religi di Makam Syekh Armia Bin Kurdi Tegal berdasarkan aspek 4A attraction (daya tarik), accesibility (akses), amenity (fasilitas-fasilitas), dan ancillary (fasilitas tambahan) dan menjelaskan tentang apa saja aspek (4A) yang terdiri dari indikator attraction (daya tarik), accesibility (akses), amenity (fasilitas-fasilitas), dan ancillary (fasilitas tambahan) wisata religi di Makam Syekh Armia Bin Kurdi Tegal menggunakan analisis IPA (Importance Performance Analysis).
Penelitian ini berlokasi di Makam Syekh Armia Bin Kurdi Desa Cikura, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal dengan sampel sebanyak 70 pengunjung yang pernah berkunjung ke Makam Syekh Armia Bin Kurdi Tegal. Penelitian ini menggunakan penelitian Kuantitatif, dengan pendekatanya adalah survei, teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Jenis kuesioner online menggunakan Google Form digunakan untuk metode pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan analisis IPA (Importance Performance Analysis). Hasil Penelitian menunjukan bahwa kepuasan pengunjung terdiri dari komponen destinasi wisata (4A) attraction (daya tarik), accesibility (akses), amenity (fasilitas-fasilitas), dan ancillary (fasilitas tambahan) sangat baik/tinggi karena pengunjung atau wisatawan yang berkunjung kelokasi merasa puas, terbukti bahwa adanya salah satu item dengan nilai paling tinggi pada pernyataan pengurus atau pemandu yang memperlakukan dengan baik kepada pengunjung. Sedangkan analisis destinasi wisata 4A attraction (daya tarik), accesibility (akses), amenity (fasilitas-fasilitas), dan ancillary (fasilitas tambahan) pada kuadran I dengan prioritas utama terdapat 1 atribut saja, di kuadran II dengan prioritas pertahanan prestasi terdapat sebanyak 6 atribut, sedangkan di kuadran III dengan prioritas paling kecil terdapat sebanyak 4 atribut dan yang terakhir pada atribut IV dengan prioritas yang berlebihan tidak terdapat sama sekali atribut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Komponen Destinasi Wisata; Kepuasan Pengunjung; Wisata Religi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 28 Oct 2023 07:00
Last Modified: 28 Oct 2023 07:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21999

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics