Implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMP Negeri 1 Lebaksiu Tegal

Rosmalya, Melati (2023) Implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMP Negeri 1 Lebaksiu Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1903016132_MELATI_ROSMALYA] Text (SKRIPSI_1903016132_MELATI_ROSMALYA)
1903016132_Melati Rosmalya_Full_Skripsi - Melati Rosmalya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kurikulum Merdeka dicanangkan oleh Kemendikbudristek sebagai solusi atas penurunan kualitas pembelajaran di Indonesia yang terjadi akibat pandemi Covid-19 serta respons atas tantangan perubahan zaman yang serba canggih. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Lebaksiu Tegal.
Penilitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Lebaksiu diawali dengan persiapan-persiapan yang dilakukan di tingkat satuan pendidikan mencakup persiapan secara material, moril dan waktu. Dalam pembelajaran di kelas, tahapan implementasi terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi. Sedangkan kendala yang ada terdiri dari kendala yang terjadi pada tingkat satuan pendidikan dan kendala dalam pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Kurikulum Merdeka; Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 28 Oct 2023 06:58
Last Modified: 28 Oct 2023 06:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22001

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics