Bimbingan orang tua dalam mengatasi perilaku menyimpang anak di Desa Dempet Demak: one case study

Roif, Iqbal (2023) Bimbingan orang tua dalam mengatasi perilaku menyimpang anak di Desa Dempet Demak: one case study. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1701016088_IQBAL ROIF_Skripsi LENGKAP TUGAS AKHIR.pdf] Text
1701016088_IQBAL ROIF_Skripsi LENGKAP TUGAS AKHIR.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Memberikan bimbingan kepada anak merupakan tugas orang tua, bimbingan orang tua kepada anak sangat berpengaruh untuk mengatasi perilaku menyimpang anak, sehingga anak dapat berubah menjadi lebih baik. Terdapat bentuk-bentuk bimbingan orang tua yang dapat dilakukan kepada anak-anaknya. Bentuk-bentuk bimbingan orang tua tersebut antara lain adalah nasihat, keteladanan, pembiasaan, pengawasa. Bimbingan yang dilakukan oleh orang tua dapat memberikan pengaruh terhadap perilaku anak, termasuk dapat mengatasi perilaku menyimpang yang dilakukan oleh anak sehingga dapat berubah menjadi lebih baik. Penelitian ini didasari sebuah fenimena dari keluarga bapak AN yang anaknya bernama AKS melakukan penyimpangan yaitu terjerumus dalam dunia anak PUNK, seperti yang diketahui PUNK identik dengan penyimpangan perilaku seperti minum-minuman berakohol, sek bebas dan tidak mau menerima masukan dari orang lain. Oleh karena itu bimbingan orang tua diperlukan untuk merubah perilaku anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku menyimpang yang dilakukan AKS Serta untuk mengetahui bagaimana bimbingan orang tua yang dilakukan oleh bapak AN. Jenis metode penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Tektik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan orang tua dapat mengatasi perilaku menyimpang anak di Desa Dempet Demak. Prilaku menyimpang yang dilakukan AKS antara lain merokok waktu masih sekolah dasar, setelah SMP AKS terjerumus dalam pergaulan anak PUNK yang indentik dengan mabuk, sek bebas, dan di pinggi-pinggir jalan tidak tau mau kemana. Berbagai bentuk bimbingan orang tua yang dilakukan Bapak AN adalah: memberikan nasihat, teladan yang baiak untuk anak, pengawasan, dan pembiasaan. Berbagai bentuk bimbingan orang tua tersebut dapat merubah perilaku menyimpang AKS, yang dapat dilihat dari perubahan AKS yang sudah mau untuk pulang kerumah, mengisi kegiatan sehari-hari dengan hal positif serta mulai menata kehidupan yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Bimbingan dan Penyuluhan; Kenakalan Remaja
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 305 Social groups > 305.2 Age group
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 28 Oct 2023 07:23
Last Modified: 28 Oct 2023 07:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22009

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics