Strategi penyaluran dan nilai guna dana Zakat Infaq Shodaqoh (Zis) program Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Semarang Cerdas

Ainini’mah, Masrurotu (2023) Strategi penyaluran dan nilai guna dana Zakat Infaq Shodaqoh (Zis) program Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Semarang Cerdas. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of 1901036044_MASRUROTU_AININI’MAH_SKRIPSI] Text (1901036044_MASRUROTU_AININI’MAH_SKRIPSI)
1901036044_Masrurotu Ainini_mah_Lengkap Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Masrurotu Ainini’mah. 1901036044. Strategi Penyaluran Dan Hasil Guna Dana Zakat Infaq Shodaqoh (ZIS) Program Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Semarang Cerdas. Pada tahun 2019-2021 kemiskinan di Kabupaten Semarang mengalami peningkatan. Kemiskinan memberikan dampak bagi pendidikan. Terdapat anak putus sekolah dikarenakan ketidakadanya biaya. zakat infaq dan shodaqoh (ZIS) dapat menjadi solusi mengatasi permasalahan umat. BAZNAS Kabupaten Semarang memiliki program-program penyaluran dana ZIS salah satu programnya yaitu BAZNAS Kabupaten Semarang Cerdas. Penyaluran danaa ZIS program BAZNAS Kabupaten Semarang cerdas pada tahun 2019-2021 mengalami peningkatan. Penelitian ini membahas mengenai bagaimana strategi penyaluran dana zakat infaq dan shodaqoh melalui program BAZNAS Kabupaten Semarang cerdas dan bagaimana dampak penyaluran dana zakat infaq dan shodaqoh melalui program BAZNAS Kabupaten Semarang cerdas bagi mustahiq dengan fokus penelitian di tahun 2019-2021.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penyaluran dana zakat infaq dan shodaqoh melalui program BAZNAS Kabupaten Semarang cerdas dan dampak penyaluran dana zakat infaq dan shodaqoh melalui program BAZNAS Kabupaten Semarang cerdas bagi mustahiq. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Selanjutnya, dalam penelitian ini menggunakan triangulasi untuk menguji keabsahan data.
Hasil penelitian yaitu BAZNAS Kabupaten Semarang dalam strategi penyaluran dana ZIS memiliki tahapan-tahapan yaitu Perencanaan strategi dilakukan denfan melakukan rapat kerja dan anggaran tahunan, pelaksanaan strategi dilakukan melalui skema penyaluran dana ZIS, evaluasi strategi dengan mengevaluasi kinerja pegawai dan program-program penyaluran dana ZIS BAZNAS Kabupaten Semarang. Analisis SWOT strategi penyaluran dana ZIS program BAZNAS Kabupaten Semarang cerdas yaitu analisis strength meliputi BAZNAS Kabupaten Semarang memiliki skema penyaluran dana ZIS yang jelas dan tidak rumit. Analisis weakness yaitu penyaluran dana ZIS program cerdas ditahun 2020 hingga 2021 lebih difokuskan pada terdampak Covid-19. Analisis opportunities yaitu mayoritas penduduk di Kabupaten Semarang beragama islam. Analisis threats sebagian masyarakan Kabupaten Semarang menyalurkan dana ZIS langsung kepada penerima bantuan. Dampak penyaluran dana ZIS program BAZNAS Kabupaten Semarang cerdas yang dirasakan oleh penerima bantuan bermacam-macam, terdapat empat penerima bantuan yang terbantu karena dengan bantuan tersebut dapat melanjutkan sekolah dan lebih semangat dalam belajar. Selain itu terdapat satu penerima bantuan yang kurang terbantu dengan penyaluran yang telah diberikan karena hanya mendapatkan sekali.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi; Penyaluran Zakat; Infaq; Shodaqoh; BAZNAS
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 28 Oct 2023 07:54
Last Modified: 28 Oct 2023 07:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22016

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics