Strategi pembelajaran PAI pada siswa berkebutuhan khusus di SD Negeri 01 Ngaliyan, Semarang

Kusumaningrum, Dika Ayu (2023) Strategi pembelajaran PAI pada siswa berkebutuhan khusus di SD Negeri 01 Ngaliyan, Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1903016156_DIKA_AYU] Text (SKRIPSI_1903016156_DIKA_AYU)
1903016156_Dika Ayu_Lengkap Tugas Akhir - dika ayu.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) bagaimana strategi pembelajaran pendidikan agama Islam pada ABK di SD Negeri 01 Ngaliyan. 2) apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada ABK di SD Negeri 01 Ngaliyan.
Jenis pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif, yaitu penelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data, yaitu dengan memadukan beberapa teknik pengumpulan data seperti wawancara, observasi, dan sumber data baik berupa bahan-bahan kepustakaan, informan, KBM, dan dokumentasi. Terakhir analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) dalam proses pembelajarannya guru agama menggunakan strategi ekspositori dengan memakai metode ceramah, demonstrasi, dan tanya jawab. Kemudian guru agama menggunakan strategi kooperatif, dimana guru agama menggunakan metode card match dan metode kelompok lainya. Penerapan model pembelajaran kooperatif bagi siswa tunarungu dengan tetap menyesuaikan karakteristik maupun kemampuan siswa. Strategi membaca nyaring, digunakan guru agama dalam pelaksanaan sholat dhuha pada siswa kelas 1 dan 2. 2) hambatan-hambatan dalam pembelajarannya sendiri dibagi menjadi dua yaitu yang berasal dari dalam diri siswa (internal) dan juga hambatan yang berasal dari luar (eksternal) . 3) dan terdapat faktor pendukung yang menunjang berhasilnya proses pembelajaran yaitu bisa berasal dari siswa, guru, maupun orangtua.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Anak Berkebutuhan Khusus
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 28 Oct 2023 08:47
Last Modified: 28 Oct 2023 08:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22027

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics