Perubahan status sosial ekonomi petani pasca peralihan jenis tanaman : studi di kalangan petani bawang merah Desa Mlaten Kecamatan Mijen Kabupaten Demak

Bachtiar, Yusuf (2023) Perubahan status sosial ekonomi petani pasca peralihan jenis tanaman : studi di kalangan petani bawang merah Desa Mlaten Kecamatan Mijen Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1806026097_Yusuf_Bachtiar] Text (Skripsi_1806026097_Yusuf_Bachtiar)
1806026097 Yusuf Bachtiar Lengkap Tugas Akhir - Yusuf Bachtiar.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Perubahan yang terjadi di Desa Mlaten yaitu perubahan sosial ekonomi dampak dari perubahan yang ada pada sektor pertanian. Sektor pertanian sebagai salah satu komponen utama dalam pengentasan kemiskinan. Desa Mlaten yaitu masyarakat pedesaan yang mengalami perubahan sosial ekonomi di sektor pertanian. Desa Mlaten merupakan salah satu produsen padi terbesar di Kabupaten Demak karena memiliki lahan yang luas dan iklim yang cocok dengan tanaman padi. Namun para petani padi mulai beralih ke tanaman bawang merah dikarenakan oleh beberapa faktor diantaranya yaitu keuntungan panen yang lebih banyak dan menurunnya harga padi serta meningkatnya pupuk untuk tanaman padi. Peralihan jenis tanaman padi ke bawang merah ini berpengaruh terhadap perubahan sosial ekonomi masyarakat Desa Mlaten yang mencangkup beberapa aspek yang akan menjadi fokus penelitian.
Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif naratif yang bertujuan untuk menyelidiki, menemukan, menggambarkan, dan menjelaskan sifat atau karakteristik pengaruh sosial yang tidak dapat dijelaskan supaya mendapatkan gambaran yang jelas tentang bagaimana dan seperti apa situasi sosial ekonomi setelah peralihan jenis tanaman. Adapun teknik yang digunakan dalam pengambilan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi serta kemudian diolah dan dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di Desa Mlaten Kecmatan Mijen Kabupaten Demak.
Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa alasan para petani melakukan peralihan dari tanaman padi ke bawang merah bukan karena ikut-ikutan akan tetapi dengan pilihannya sendiri. Selain itu, para petani yang melakukan peralihan didasari dengan beberapa faktor yaitu: 1) faktor iklim, 2) faktor ekonomi, dan 3) faktor sosial. Perubahan kondisi ekonomi petani pasca peralihan jenis tanaman yang terjadi di Desa Mleten Kecamatan Mijen Kabupaten Demak meliputi 1) penghasilan, 2) kepemilikan barang, 3) pendidikan, 4) kemampuan menabung. Selain perubahan sosial ekonomi di kalangan petani bawang merah berdampak juga terhadap petani bawang merah dan masyarakat sekitar, yaitu 1) status sosial, 2) penyerapan tenaga kerja, dan 3) meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perubahan sosial; petani bawang; tenaga kerja
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 30 Oct 2023 02:19
Last Modified: 30 Oct 2023 02:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22031

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics