Pengaruh efektivitas media sosial youtube, tiktok, facebook dan instagram terhadap Gusjigang masyarakat millenial di Kabupaten Kudus

Miftakhudin, Iwhan (2023) Pengaruh efektivitas media sosial youtube, tiktok, facebook dan instagram terhadap Gusjigang masyarakat millenial di Kabupaten Kudus. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Tesis_2001028015_Iwhan Miftakhudin_Lengkap] Text (Tesis_2001028015_Iwhan Miftakhudin_Lengkap)
Tesis_2001028015_Iwhan Miftakhudin_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Hadirnya media sosial akan mempermudah lembaga keagamaan dalam menyebarkan pesan keagamaan ke seluruh dunia hanya dengan menekan tombol. Ini membuat lembaga keagamaan lebih mudah untuk menginformasikan orang tentang kepercayaan mereka, dan dapat membantu mereka menjangkau audiens baru. Media sosial juga memungkinkan lembaga keagamaan berkomunikasi dengan anggota mereka dan mendengar pandangan dan masukan tentang beragama. Hal tersebut sangat membantu lembaga keagamaan untuk menyesuaikan pesan dengan kebutuhan jamaahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh efektivitas media sosial YouTube, TikTok, Facebook, dan Instagram terhadap gaya hidup masyarakat milenial di Kabupaten Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei sebagai instrumen pengumpulan data. Sampel penelitian ini adalah masyarakat milenial di Kabupaten Kudus, yang dipilih secara acak dengan menggunakan teknik non probabilitas dengan menggunakan metode convenience sampling. Data yang dikumpulkan melalui kuesioner yang mencakup variabel-variabel terkait penggunaan media sosial, seperti frekuensi penggunaan, jenis konten yang dikonsumsi, dan tingkat keterlibatan dalam interaksi sosial melalui media sosial. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik regresi dengan bantuan SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh partial penggunan media sosial Youtube, Tiktok, Faceeboook dan Instagram berpengaruh terhadap Gusjigang. Penggunaan sosial media secara simultan bisa berdampak terhadap implementasi Gusjigang. Implikasi manajerial penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pengaruh media sosial terhadap perilaku dan gaya hidup masyarakat milenial di Kabupaten Kudus. Temuan penelitian ini dapat memberikan wawasan bagi pemerintah daerah dan pihak terkait lainnya dalam merancang kebijakan yang lebih efektif dalam mengelola dampak penggunaan media sosial pada masyarakat milenial.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Youtube; Tiktok; Facebook; Instagram; Gusjigang; Milenial;
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 70133 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (S2)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 30 Oct 2023 03:09
Last Modified: 30 Oct 2023 03:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22039

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics