Pengaruh partisipasi masyarakat terhadap keberlanjutan konservasi lingkungan di Desa Tarub kecamatan Tarub Kabupaten Tegal

Hanifah, Atika Hanah (2023) Pengaruh partisipasi masyarakat terhadap keberlanjutan konservasi lingkungan di Desa Tarub kecamatan Tarub Kabupaten Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1901046065_Atika Hanah Hanifah_Lengkap] Text (Skripsi_1901046065_Atika Hanah Hanifah_Lengkap)
Skripsi_1901046065_Atika Hanah Hanifah_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Desa Tarub yang sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani dan pekerja lepas, yang wilayahnya berpotensi di area persawahan. mengenai tingkat kesadaran masyarakat tentang lingkungan masih rendah, yang tercermin dalam aktivitas sehari-hari, seperti masih membuang sampah sembarangan, menganggap pembakaran sebagai cara paling praktis dan tercepat untuk membuang sampah, dll. Berdasarkan data di Desa Tarub Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal terdapat potensi ekonomi yang bisa tingkatkan pendapatan melalui Kelompok wanita tani sebagai gerakan yang di pelopori oleh seorang wanita sebagaimana untuk mencintai dan melestarikan lingkungan di sekitarnya. Dengan melalui aktivitas penghijauan serta pelestarian lingkungan. penghijauan merupakan sebuah kegiatan untuk memulihkan, memelihara serta meningkatkan keadaan lahan supaya dapat berproduksi serta berperan secara maksimal. Baik pengatur tata air ataupun pelindung lingkungan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis adakah pengaruh partisipasi masyarakat terhadap keberlanjutan konservasi lingkungan di Desa Tarub Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif. Pendekatan yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 67 orang yang diambil menggunakan rumus slovin dengan menggunakan teknik simpel random sampling. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, Kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan program SPSS versi 25.

Hasil penelitian ini yakni partisipasi masyarakat berpengaruh terhadap keberlanjutan konservasi lingkungan. Dengan demikian dapat dilihat pada hasil uji regresi linier sederhana dengan hasil nilai koefisien regresi variable X sebesar 0,821 dengan nilai signifikansi 0,000 > 0,05 dengan nilai R Square sebesar 0, 646 atau sebanyak 64,6% sumbangan yang diberikan partisipasi masyarakat terhadap keber-lanjutan konservasi lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Partisipasi masyarakat; Keberlanjutan; Konservasi lingkungan
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 333 Land economics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 30 Oct 2023 03:46
Last Modified: 30 Oct 2023 03:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22042

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics