Pemberdayaan masyarakat melalui program inovasi gerabah oleh kelompok pengrajin gerabah Desa Rendeng Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro

Putri, Pramelia Arinda (2023) Pemberdayaan masyarakat melalui program inovasi gerabah oleh kelompok pengrajin gerabah Desa Rendeng Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1901046063_Pramelia Arinda-Lengkap] Text (Skripsi_1901046063_Pramelia Arinda-Lengkap)
Skripsi_1901046063_Pramelia Arinda-Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Prameilia Arinda Putri (1901046063) Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Inovasi Gerabah Oleh Kelompok Pengrajin Gerabah Desa Rendeng Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro.
Desa Rendeng merupakan salah satu wilayah Desa yang berada di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur yang masyarakatnya mampu memanfaatkan potensi alam yang dimiliki. Salah satu pemanfaatan potensi alam yaitu dengan masih berkembangkan produk kerajinan gerabah, dengan budaya jawa yang masih kental yang dijunjung tinggi oleh masyarakat Desa Rendeng. Pemberdayaan Masyarakat melalui Program Inovasi Gerabah ini bertujuan mengembangkan suatu potensi yang dimiliki masyarakat Desa Rendeng guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam berbagai aspek, maka dari itu penulis membuat rumusan masalah sebagai berikut : (1) Bagaimana proses pemberdayaan masyarakat melalui program Inovasi Gerabah di Desa Rendeng. (2) Bagaimana hasil yang di peroleh dari adanya pemberdayaan melalui program Inovasi Gerabah di Desa Rendeng.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan study kasus. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini , peneliti terlibat secara langsung dari proses awal sampai akhir untuk menggali sebuah data penelitian. Analisis data menggunakan teori Milles dan Hiberman, yang meliputi reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) proses pemberdayaan melalui Program Inovasi Gerabah melalui beberapa tahap yaitu tahap pemaparan masalah (proplem posing), tahap analisis masalah (problem analysis), tahap penentuan tujuan (aims) dan sasaran (objectives), tahap perencanaan tindakan (actions plans), tahap pelaksanaan kegiatan, dan tahap evaluasi. (2) hasil pemberdayaan masyarakat melalui Program Inovasi Gerabah di Desa Rendeng bisa dilihat dari berberapa aspek yang pertama dari Aspek Ekonomi, Aspek Sosial Budaya, Aspek Lingkungan, Aspek Pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan masyarakat; Inovasi gerabah
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social processes > 303.4 Social change
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 30 Oct 2023 06:44
Last Modified: 30 Oct 2023 06:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22043

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics