Pemberdayaan perempuan pesisir oleh komunitas Puspita Bahari di Desa Morodemak Kecamatan Bonang Kabupaten Demak

Afifah, Nur (2023) Pemberdayaan perempuan pesisir oleh komunitas Puspita Bahari di Desa Morodemak Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_1901046033_NUR_AFIFAH] Text (SKRIPSI_1901046033_NUR_AFIFAH)
1901046033_Nur Afifah Tugas Akhir - Nur Afifah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Nur Afifah (1901046033) Pemberdayaan Perempuan Pesisir oleh Komunitas Puspita Bahari di Desa Morodemak Kecamatan Bonang Kabupaten Demak.
Perempuan sering di nomor duakan dan dianggap bergantung dengan laki-laki. Padahal perempuan memiliki kapasitas yang sama dengan laki-laki untuk itu perempuan perlu diberdayakan dalam bidang ekonomi guna mewujudkan perempuan yang mandiri dan mampu secara finansial. Untuk itu diperlukan adanya pemberdayaan perempuan. Melalui Komunitas Perempuan Pesisir Puspita Bahari, para perempuan di Desa Morodemak berupaya untuk memanfaatkan potensi kekayaaan hasil laut untuk diolah menjadi makanan yang memiliki harga jual tinggi serta tahan lama.
Penelitian ini fokus pada dua permasalahan, yaitu : (1) Bagaimana proses pemberdayaan perempuan pesisir oleh Komunitas Perempuan Puspita Bahari di Desa Morodemak, Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak, (2) Bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat pemberdayaan perempuan pesisir oleh Komunitas Perempuan Puspita Bahari di Desa Morodemak, Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemberdayaan perempuan pesisir oleh Komunitas Perempuan Puspita Bahari di Desa Morodemak, Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak terhadap perempuan pesisir guna meningkatkan potensi yang dimiliki. Selanjutnya untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan faktor penghambat pemberdayaan perempuan pesisir oleh Komunitas Perempuan Puspita Bahari di Desa Morodemak, Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak dalam mengembangakan potensi sumber daya alam hasil laut yang ada disekitarnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif pendekatan fenomenologi dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini : Pertama proses pemberdayaan perempuan pesisir oleh Komunitas Puspita Bahari di Desa Morodemak, Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak, dapat dilakukan dengan model pemberdayaan perempuan di kawasan pesisir yang dikembangkan melalui tiga tahap yaitu pengembangan Kelompok (Community Development), Pra-Pengembangan Usaha (Pre-Business Development), dan Pengembangan Usaha (Business Development). Kedua, faktor pendukung dan faktor penghambat pemberdayaan perempuan pesisir oleh Komunitas Puspita Bahari di Desa Morodemak, Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak. Faktor pendukung pemberdayaan perempuan pesisir komunitas Puspita Bahari yaitu adanya dukungan dari beberapa pihak terkait seperti adanya bantuan dan pelatihan yang diberikan oleh jaringan Komunitas Puspita Bahari. Sedangkan faktor penghambat dalam menjalankan organisasi yaitu hambatan budaya materialistis, budaya patriarki, dan budaya inferioritas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Pemberdayaan Perempuan Pesisir; Komunitas Puspita Bahari
Subjects: 300 Social sciences > 305 Social groups > 305.4 Women
300 Social sciences > 307 Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 02 Dec 2023 08:08
Last Modified: 02 Dec 2023 08:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22044

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics