Pemberdayaan masyarakat berbasis komunitas : studi terhadap kelompok usaha budidaya lele Sendang Ledo Demangharjo di Desa Demangharjo Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal

Tyas, Giana Dwi Yanuarining (2023) Pemberdayaan masyarakat berbasis komunitas : studi terhadap kelompok usaha budidaya lele Sendang Ledo Demangharjo di Desa Demangharjo Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_1901046034_GIANA_DWI_YANUARINING_TYAS] Text (SKRIPSI_1901046034_GIANA_DWI_YANUARINING_TYAS)
1901046034_Giana Dwi_LENGKAP TUGAS AKHIR - Gianadwi Yanuari(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Nama : Giana Dwi Yanuarining Tyas. NIM : 1901046034. Judul : Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Komunitas (Studi Terhadap Kelompok Usaha Budidaya Lele Sendang Ledo Demangharjo).
Pemberdayaan Masyarakat diibaratkan upaya membantu masyarakat dalam mengembangkan kemampuan atau potensi untuk memecahkan masalah yang di hadapi sehingga pengambilan keputusan di lakukan secara mandiri. Oleh karena itu dibutuhkan program yang dapat dikelola adanya kelompok usaha budidaya lele sendang ledo demangharjo sebagai upaya untuk memaksimalkan potensi melalui budidaya lele, sehingga di peroleh suatu manfaat kelompok berupa peningkatan wawasan pengetahuan dalam budidaya lele dan meningkatkan taraf hidup yang tergabung dalam kelompok maupun keluargnya. Kemudian terbentuknya kelompok yang di dalamnya masyarakat yang memiliki visi yang sama menjadikan kelompok sebagai pengutan potensi yang di miliki.
Penilitian yang difokuskan melaui dua permasalahan, berikut ini : (1) Bagaimana Proses pembedayan masyarakat berbasis kominitas studi terhadap kelompok usaha budidaya lele sendang ledo demangharjo?, (2) Bagaimana Hasil pemberdayaan masyarakat berbasis komunitas pada kelompok usaha budidaya lele sendang ledo demangharjo dalam meningkatkan perekonomian keluarga. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini berupa, pertama proses pemberdayaan masyarakat bebasis komunitas terhadap kelompok usaha budidaya lele sendang ledo demangharjo melalui beberapa tahapan di antaranya berikut ini : Tahap persiapan, tahap pengkajian, tahap perencanaan alternatif program, tahap pemformulasi rencana aksi, dan tahap impementasi program atau kegiatan. Kedua mengetahui hasil yang di lakukan oleh pemberdayaan masyarakat berbasis komunitas terhadap kelompok usaha budidaya lele untuk meningkatkan perekonomian keluarga melalui.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Komunitas; Budidaya Lele
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 02 Dec 2023 08:12
Last Modified: 02 Dec 2023 08:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22045

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics