Strategi pemberdayaan masyarakat berbasis masjid : studi terhadap UMKM Masjid Jami Jatisari Kelurahan Jatisari Kecamatan Mijen Kota Semarang

Rohmah, Afifatur (2023) Strategi pemberdayaan masyarakat berbasis masjid : studi terhadap UMKM Masjid Jami Jatisari Kelurahan Jatisari Kecamatan Mijen Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_1901046035_AFIFATUR_ROHMAH] Text (SKRIPSI_1901046035_AFIFATUR_ROHMAH)
1901046035_Afifatur Rohmah_Lengkap Tugas Akhir - Afifatur Rohmah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Afifatur Rohmah (1901046035) Strategi Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Masjid (Studi Terhadap UMKM Masjid Jami Jatisari Kelurahan Jatisari Kecamatan Mijen Kota Semarang).
Masjid merupakan tempat ibadah orang-orang islam. Masjid diharap tidak hanya sebagai tempat ibadah ritual semata, melainkan masjid harus dimaknai dalam berbagai aspek kehidupan. Diantaranya masjid dijadikan sebagai upaya pemberdayaan masyarakat, meningkatkan ekonomi umat, unit pelayanan zakat, infak dan shodaqoh. Oleh karena itu, pemberdayaan yang dilakukan di Masjid Jami Jatisari fokus terhadap pemberdayaan ekonomi umat yakni dengan menyediakan lapak UMKM agar jama’ah atau masyarakat sekitar masjid Jami Jatisari dapat berjualan. Dalam pemberdayaan masjid harus disadari bahwa masjid menyimpan potensi yang sangat besar jika digunakan secara optimal akan meningkatkan kesejahteraan sedikitnya bagi umat masjid itu sendiri.
Tujuan penelitian ini : (1) Untuk mengetahui strategi pemberdayaan masyarakat yang ada di Masjid Jami Jatisari Kelurahan Jatisari Kecamatan Mijen Kota Semarang, dan (2) Untuk mengetahui hasil dari strategi pemberdayaan masyarakat yang ada di Masjid Jami Jatisari Kelurahan Jatisari Kecamatan Mijen Kota Semarang?. Dalam menjawab rumusan masalah, penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomologi. Data dalam menelitian ini di dapat melalui obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian di analisis dengan teknik analisis data yaitu : reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Strategi yang digunakan pemberdayaan masyarakat berbasis masjid dimasjid Jami Jatisari ini menggunakan strategi 5 P diantaranya tahap pemungkinan, tahap penguatan, tahap perlindungan, tahap penyokongan, dan tahap pemeliharaan. (2) Hasil dari strategi pemberdayaan masyarkat berbasis masjid studi terhadap UMKM Masjid Jami Jatisari diantaranya meningkatnya kesejahteraan umat, meningkatnya akses SDM, meningkatnya kesadaran kritis antar masyarakat, dan meningkatnya partisipasi kebudayaan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi; Pemberdayaan Masyarakat; Masjid
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 02 Dec 2023 08:15
Last Modified: 02 Dec 2023 08:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22046

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics