Gaya hidup masyarakat pedesaan : studi penggunaan gadget di kalangan remaja Desa Ambalresmi, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen

Sundariyanti, Purwantri (2023) Gaya hidup masyarakat pedesaan : studi penggunaan gadget di kalangan remaja Desa Ambalresmi, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1806026129_Purwantri_Sundariyanti] Text (Skripsi_1806026129_Purwantri_Sundariyanti)
1806026129_PURWANTRI_SKRIPSI LENGKAP - purwantri sundariya(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (699kB)

Abstract

Skripsi ini menganalisis tentang gaya hidup masyarakat pedesaan (studi tentang penggunaan gadget di kalangan remaja Desa Ambalresmi, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen). Gaya hidup remaja di Desa Ambalresmi pada saat ini merupakan akibat dari yang mereka konsumsi dalam kesehariannya, bahkan telah menjadi suatu kebiasaan dalam diri mereka yaitu gadget tanpa disadari, mereka dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman yang menjadikan mereka tidak memiliki pilihan untuk menentukan perubahan yang akan terjadi dalam bergaya hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atau dampak penggunaan gadget terhadap gaya hidup remaja di Desa Ambalresmi berdasarkan teori gaya hidup dalam perspektif David Chaney yang dapat digunakan untuk menganalisis dalam penelitian ini.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode penelitian kualitatif ialah suatu metode untuk mendeskripsikan dan memahami makna dari individu atau kelompok masyarakat yang dianggap memiliki permasalahan sosial. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi partisipasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap beberapa informan yaitu kalangan remaja di Desa Ambalresmi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis induktif yang dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan untuk dapat dikelola dan diceritakan sesuai hasil yang didapatkan di lapangan mengenai penelitian ini.
Hasil dari penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa gadget berdampak pada gaya hidup remaja Desa Ambalresmi di bidang sosial seperti tata perguaulan yang menjerumuskan pada kenakalan remaja, berpenampilan tidak sesuai dengan usianya, terciptanya bahasa gaul, dan bergesernya interaksi sosial dari tatap muka menjadi virtual. Sedangkan pada bidang ekonomi mengakibatkan adanya perilaku konsumtif dan tidak tepatnya pengelolaan keuangan dalam diri remaja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Gaya Hidup; remaja; gadget; gaya hidup; David Chaney
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 30 Oct 2023 07:50
Last Modified: 30 Oct 2023 07:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22050

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics