Studi proses peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat oleh POKDARWIS Paras Adi Prakarsa di Desa Karangsambung Kecamatan Karangsambung Kabupaten Kebumen

Imron, Mohammad (2023) Studi proses peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat oleh POKDARWIS Paras Adi Prakarsa di Desa Karangsambung Kecamatan Karangsambung Kabupaten Kebumen. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1901046038_MOHAMMAD_IMRON] Text (SKRIPSI_1901046038_MOHAMMAD_IMRON)
1901046038 MOHAMMAD IMRON LENGKAP TUGAS AKHIR - Mohammad Imron.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Mohammad Imron (1901046038) Studi Proses Peningkatan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Oleh POKDARWIS Paras Adi Prakarsa di Desa Karangsambung Kecamataan Karangsambung Kabupaten Kebumen.
Keberadaan tempat wisata akan berdampak besar bagi masyarakat desa. Masyarakat dapat mengelola dan memanfaatkan alam desa sendiri dan tidak terpaku pada pertanian atau peternakan saja. Namun lemahnya kemampuan mengembangkan potensi alam yang ada, maka pemerintah desa berusaha mengembangkan potensi melalui wisata alam perbukitan yang dikelola oleh kelompok sadar wisata (POKDARWIS).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat oleh POKDARWIS Paras Adi Prakarsa dan kondisi kesejahteraan ekonomi masyarakat desa pasca mengikuti program POKDARWIS Paras Adi di Desa Karangsambung, Kecamatan Karangsambung, Kabupaten Kebumen. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwah: 1) proses peningkatan kesejahteraan ekonomi nasyarakat oleh POKDARWIS Paras Adi Prakarsa yaitu: a) Tahapan penyadaran (Gethuk Tular, Sosialisasi, Musyawarah), b) Tahapan Pengkapasitasan (Pelatihan kepada pengurus dan masyarakat), c) Tahap Pendayaan (UMKM, Home stay, Catering makanan), d) Tahapan Evaluasi (program yang sudah terlaksana sera kritik dan saran dari masyarakat Desa Karangsambung). 2) Kondisi kesejahteraan ekonomi masyarakat desa pasca mengikuti program POKDARWIS Paras Adi Prakarsa yaitu: a) Meningkatkan Aspek Ekonomi, b) Meningkatkan Aspek Pendidikan, c) Meningkatkan Aspek Sosial, d) Meningkatnya Pelayanan terharap Pengunjung, e) Terjaganya Ketentraman dan Keamanan Lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat; Desa wisata; POKDARWIS Paras Adi Prakarsa
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 13 Dec 2023 10:31
Last Modified: 13 Dec 2023 10:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22052

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics