Peran usaha dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat : studi pada usaha tahu HM di Desa Sukolilan Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal

Khasanah, Muslimatun (2023) Peran usaha dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat : studi pada usaha tahu HM di Desa Sukolilan Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1901046045_MUSLIMATUN_KHASANAH] Text (SKRIPSI_1901046045_MUSLIMATUN_KHASANAH)
1901046045_Muslimatun Khasanah_Lengkap Tugas Akhir - Muslimatun Khasanah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Muslimatun Khasanah (NIM 1901046045). Peran Usaha Dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat: (Studi pada Usaha Tahu HM di Desa Sukolilan Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal).
Usaha adalah rumah bagi sebagian besar penduduk Sukolilan yang telah menunjukkan kemampuan mereka untuk memberikan kontribusi dan peran yang signifikan dalam pertumbuhan ekonomi desa. Selain itu, Usaha rumah tangga merupakan kegiatan komersial yang berpotensi untuk membina dan memberikan pelayanan ekonomi yang luas kepada masyarakat, sehingga memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi, mengurangi kebutuhan masyarakat untuk pindah, dan meningkatkan kualitas hidup mereka. Terlepas dari peran penting yang dimainkan oleh perusahaan kecil dalam perekonomian, mereka terus menghadapi tantangan, khususnya di bidang teknologi dan pemasaran. Pembuatan tahu sebagai salah satu contoh usaha rumahan yang berpotensi meningkatkan kesejahteraan ekonomi warga Desa Sukolilan menjadi fokus pertanyaan penelitian sentral penelitian ini.
Tujuan utama dari penelitian ini adalah pertama, mengetahui peran usaha tahu dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa sukolilan Kecamatan Patebon Kendal. Kedua, mengetahui hasil dari usaha tahu di Desa Sukolilan Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, peran usaha dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Sukolilan sangat baik karena mampu membina dan melakukan pelatihan untuk masyarakat sehingga pendapatan masyarakat bisa meningkat. Diantaranya peran usaha terhadap tingkat pendidikan, pekerjaan dan tingkat pendapatan. Kedua, hasil usaha tahu dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta menjadi perubahan sosial pada masyarakat seperti perubahan sikap, perubahan nilai-nilai dan perubahan pola perilaku. Orang-orang dapat mengubah cara hidup mereka dalam batasan pendapatan mereka saat ini, meningkatkan konsumsi produk dan layanan baik untuk kebutuhan pokok maupun sebagai hasil dari situasi ekonomi keluarga yang membaik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran; Usaha; Kesejahteraan Masyarakat; Pemberdayaan
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 16 Dec 2023 07:11
Last Modified: 16 Dec 2023 07:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22054

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics