Pengembangan masyarakat pada kampung kewirausahaan Kelurahan Cangkiran Kecamatan Mijen Kota Semarang

Natasya, Dayang Bela (2023) Pengembangan masyarakat pada kampung kewirausahaan Kelurahan Cangkiran Kecamatan Mijen Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1901046053_DAYANG_BELA_NATASYA] Text (SKRIPSI_1901046053_DAYANG_BELA_NATASYA)
1901046053 Dayang Bela Natasya TUGAS LENGKAP AKHIR - dayang natasya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Dayang Bela Natasya 1901046053. Penelitian ini berjudul Pengembangan Masyarakat Pada Kampung Kewirausahaan Kelurahan Cangkiran Kecamatan Mijen Kota Semarang.
Proses pengembangan masyarakat pada Kampung Kewirausahaan adalah sebagai salah satu penerapan program Kampung Tematik dari Pemerintah Kota karena melihat potensi dari masyarakat yang sudah mempunyai usaha. Akan tetapi usaha tersebut belum berkembang dan belum tertata secara maksimal dalam pengolahan dan pemasarannya. Sehingga fokus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan masyarakat pada Kampung Kewirausahaan Kelurahan Cangkiran Kota Semarang dan hasil pengembangan masyarakat pada Kampung Kewirausahaan Kelurahan Cangkiran Kota Semarang.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Adapun teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti terlibat secara langsung dalam menggali data di lapangan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pengembangan masyarakat pada Kampung Kewirausahaan meliputi: (1) Berkurangnya penduduk miskin. (2) Berkembangnya peningkatan pendapatan ekonomi yang dilakukan untuk penduduk miskin dengan memanfaatkan sumberdaya dan potensi yang ada. (3) Meningkatnya kepedulian masyarakat terhadap upaya peningkatan kesejahteraan kelompok miskin disekitarnya. (4) Meningkatnya kemandirian kelompok yang ditandai dengan adanya lapangan pekerjaan bagi masyarakat, makin berkembangnya usaha produktif, makin rapinya sistem administrasi, makin kuatnya permodalan kelompok dan meluasnya interaksi kelompok dengan kelompok lain di masyarakat. (5) Meningkatkan pendapatan. Kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat RW 08 Kelurahan Cangkiran menjadikan Kampung Kewirausahaan dapat dikenal dengan kampung yang mandiri, kreatif dan inovatif karena masyarakatnya mempunyai usaha sendiri-sendiri yang mana usaha tersebut sudah berkembang dan berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembangan masyarakat, Kampung kewirausahaan, Kelurahan Cangkiran
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 16 Dec 2023 07:43
Last Modified: 16 Dec 2023 07:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22057

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics