Pemberdayaan masyarakat melalui pembuatan pupuk oleh Kelompok Tani Jaya di Desa Kedungori Kecamatan Dempet Kabupaten Demak

Eliana, Nana (2023) Pemberdayaan masyarakat melalui pembuatan pupuk oleh Kelompok Tani Jaya di Desa Kedungori Kecamatan Dempet Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1901046055_NANA_ELIANA] Text (SKRIPSI_1901046055_NANA_ELIANA)
1901046055_Nana Eliana_Full Skripsi - Nana Eliana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Nana Eliana (1901046055), Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pembuatan Pupuk Oleh Kelompok Tani Jaya di Desa Kedungori Kecamatan Dempet Kabupaten Demak.
Pemberdayaan masyarakat adalah proses pembangunan dimana masyarakat melakukan kegiatan sosial untuk memperbaiki situasi dan kondisinya. Kelompok tani adalah kelompok atau perkumpulan petani yang berkumpul secara formal (administrasi) maupun informal (kegiatan dalam kelompok tani) berdasarkan keadaan, minat dan pemahaman untuk belajar bekerjasama guna meningkatkan ekonomi dan meningkatkan keterampilan bercocok tanam. Rumusan masalah penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana proses pemberdayaan masyarakat melalui pembuatan pupuk oleh kelompok tani Jaya di Desa Kedungori Kecamatan Dempet kabupaten Demak, 2) Bagaimana dampak dari adanya pemberdayaan yang dilakukan oleh kelompok tani jaya terhadap Desa Kedungori Kecamatan Dempet Kabupaten Demak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemberdayaan masyarakat melalui pembuatan pupuk oleh Kelompok Tani Jaya di Desa Kedungori Kecamatan Dempet Kabupaten Demak dan untuk mengetahui dampak adanya pemberdayaan oleh kelompok Tani Jaya di Desa Kedungori Kecamatan Dempet Kabupaten Demak.
Hasil dari penelitian ini yaitu sebagai berikut: pertama , proses pemberdayaan masyarakat melalui pembuatan pupuk oleh Kelompok Tani Jaya di Desa Kedungori Kecamatan Dempet Kabupaten Demak yakni: 1) penyuluhan pertanian dari dinas pertanian, 2) Penyuluhan pertanian dari lembaga swasta. Kedua
, dampak drai adanya proses pemberdayaan yang dilakukan oleh Kelompok Tani Jaya terhadap Desa Kedungori yakni: 1) Dari segi masyarakat lebih mengetahui cara memanfaatkan limbah kotoran hewan ternak yang diolah menjadi pupuk yang dimanfaatkan sebagai pupuk campuran tanaman, 2) Dari segi kesuburan tanah yang di berikan pupuk organik yaitu tanah menjadi lebih subur dan tidak tandus.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Pembuatan Pupuk; Masyarakat
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 16 Dec 2023 07:49
Last Modified: 16 Dec 2023 07:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22058

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics