Kondisi sosial ekonomi ditinjau dari pemberdayaan masyarakat, mitigasi bencana, dan dampak abrasi di Desa Kragan Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang

Jauza’, Nur Faridatul (2023) Kondisi sosial ekonomi ditinjau dari pemberdayaan masyarakat, mitigasi bencana, dan dampak abrasi di Desa Kragan Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_1901046057_NUR_FARIDATUL_JAUZA’] Text (SKRIPSI_1901046057_NUR_FARIDATUL_JAUZA’)
1901046057_Nur Faridatul Jauza__skripsi lengkap - Nur Faridatul.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Nur Faridatul Jauza’ (1901046057), Kondisi Sosial Ekonomi ditinjau dari Pemberdayaan Masyarakat, Mitigasi Bencana, Dampak Abrasi di Desa Kragan Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang.
Mayoritas penduduk Desa Kragan bermata pencaharian sebagai nelayan dan bertempat tinggal berdekatan dengan garis pantai, sehingga rawan terkena abrasi yang merusak fasilitas umum dan rumah-rumah masyarakat pesisir Desa Kragan. Dampak dari adanya abrasi di Desa Kragan bukan hanya kerusakan fasilitas umum dan rumah-rumah masyarakat, akan tetapi juga berdampak psikologis, sosiologis, kehilangan mata pencaharian dan penurunan kesejahteraan. Dampak psikologis bisa mengakibatkan masyarakat menjadi cemas karena bencana abrasi yang mengakibatkan kerusakan parah di masa yang akan datang apabila tidak segera diatasi. Dampak sosiologis membuat masyarakat menjadi kurang percaya diri, hal ini diakibatkan karena masalah ekonomi akibat terdampak abrasi. Sedangkan dampak ekonomi termasuk dampak yang paling terasa pada masyarakat. Abrasi yang terjadi di Desa Kragan juga mengakibatkan menurunnya kesejahteraan yang menjadikan penurunan kualitas hidup dalam hal sandang, pangan, papan dan pendidikan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh kondisi sosial ekonomi ditinjau dari pemberdayaan masyarakat, mitigasi bencana dan dampak abrasi di Desa Kragan Kecamatan Kragan Kabupten Rembang.Penelitian ini menggunakan metode kuntitatif dengan pendekatan survei. Populasi ini adalah masyarakat yang terdampak abrasi dan bertempat tinggal dipesisir pantai. Sampel penelitian ini sebanyak 85 orang diambil dari rumus slovin, dengan teknik purposive sampling dengan kriteria yaitu usia, pendidikan, dan warga yang berdomisili di desa kragan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis dilakukan dengan regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS versi 16.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut 1) pemberdayaan masyarakat memiliki pengaruh signifikan terhadap kondisi sosial ekonomi. 2) mitigasi bencana memiliki pengaruh signifikan terhadap kondisi sosial ekonomi. 3) dampak abrasi memiliki pengaruh signifikan terhadap kondisi sosial ekonomi. 4) terdapat pengaruh secara signifikan pada pemberdayaan masyarakat, mitigasi bencana dan dampak abrasi secara bersama-sama terhadap kondisi sosial ekonomi. Koefisien determinasi berpengaruh 51,7% sisanya yaitu 48,3% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kondisi Sosial Ekonomi; Pemberdayaan Masyarakat; Mitigasi Bencana; Dampak Abrasi
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities
300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 18 Dec 2023 07:42
Last Modified: 18 Dec 2023 07:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22061

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics