Analisis kinerja keuangan sebelum dan sesudah Initial Public Offering (IPO) pada PT. Bukalapak.com di Bursa Efek Indonesia

Izzati, Diah Shofina (2023) Analisis kinerja keuangan sebelum dan sesudah Initial Public Offering (IPO) pada PT. Bukalapak.com di Bursa Efek Indonesia. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1905056039_DIAH_SHOFINA_IZZATI] Text (SKRIPSI_1905056039_DIAH_SHOFINA_IZZATI)
1905056039_Diah Shofina Izzati_Full Skripsi - diah shofina izzati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Initial Public Offering (IPO) merupakan salah satu alternatif sumber pendanaan perusahaan untuk mengembangkan usahanya agar kinerja perusahaan semakin meningkat. Kinerja keuangan diukur menggunakan rasio keuangan likuiditas, solvabilitas, profitabilitas dan aktivitas. Perusahaan PT.Bukalapak.com menunjukkan nilai rasio keuangan sebelum dan sesudah IPO terjadi fluktuatif. Kinerja keuangan yang baik akan menumbuhkan kepercayaan investor dalam menanamkan sahamnya.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kinerja keuangan antara sebelum dan sesudah IPO. Data penelitian diperoleh dari laporan keuangan PT. Bukalapak.com periode 2020-2022. Penelitian ini menggunakan metode komparatif dan kuantitatif. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang dilakukan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan paired sample t test.
Dari hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah IPO pada rasio likuiditas,solvabilitas, profitabilitas dan aktivitas diproksikan oleh fixed asset turnover. Sedangkan jika diukur dari total asset turnover pada rasio aktivitas tidak terdapat perbedaan yang signifikan kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah IPO.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Initial Public Offering; Kinerja Keuangan; Rasio
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.1 Organization Management (Financial, Budgeting)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61201 - Manajemen
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 06 Jan 2024 06:09
Last Modified: 06 Jan 2024 06:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22078

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics