Pengaruh online customer rating dan online customer review terhadap keputusan pembelian pada Marketplace Shopee E Fabric : studi kasus pada konsumen E Fabric di Kota Semarang

Amalia, Sofia (2023) Pengaruh online customer rating dan online customer review terhadap keputusan pembelian pada Marketplace Shopee E Fabric : studi kasus pada konsumen E Fabric di Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1905056031_SOFIA_AMALIA] Text (SKRIPSI_1905056031_SOFIA_AMALIA)
1905056031_Sofia_Amalia_Lengkap Tugas Akhir - Sofia Amalia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Di zaman sekarang, teknologi berkembang begitu pesat dan masyarakat mulai mengikuti kehidupan sesuai zamannya. Jika pada zaman dahulu masyarakat berbelanja suatu barang melalui toko secara langsung, di zaman sekarang masyarakat dapat berbelanja secara daring. Mereka dapat menggunakan gadget untuk membuka marketplace dan berbelanja produk bahkan dalam beberapa toko. Sebelum melakukan keputusan pembelian hendaknya calon konsumen mencari tahu testimoni dari produk yang akan dibeli. Seperti testimoni yang ada di akun E Fabric yang menyertakan rating dan review buruk. Untuk menghindari hal tersebut hendaknya sebelum calon konsumen membeli suatu produk, konsumen dapat memperhatikan testimony yang tertera pada toko. Testimoni dapat dilihat dari rating maupun review yang ada di setiap toko. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online customer rating dan online customer review terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee E Fabric pada Marketplace Shopee E Fabric. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada peneliian ini menggunakan kuesioner dengan sampel 100 orang konsumen E Fabric di Kota Semarang. Metode pengampilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling purposive. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel online customer rating tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel online customer review berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel online customer rating dan online customer review secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Online customer rating; Online customer review; Keputusan pembelian
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61201 - Manajemen
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 29 Jan 2024 01:05
Last Modified: 29 Jan 2024 01:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22084

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics