Pengaruh voucher gratis ongkir, cashback, dan flash sale Shopee terhadap keputusan pembelian : studi kasus mahasiswa Manajemen UIN Walisongo Semarang

Rahmadhani, Sekar Alya (2023) Pengaruh voucher gratis ongkir, cashback, dan flash sale Shopee terhadap keputusan pembelian : studi kasus mahasiswa Manajemen UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1905056029_SEKAR_ALYA_RAHMADHANI] Text (SKRIPSI_1905056029_SEKAR_ALYA_RAHMADHANI)
1905056029_Sekar Alya Rahmadhani_Lengkap - Sekar Alya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Inovasi teknologi berupa aplikasi perangkat lunak yang mempermudah aktivitas belanja telah diciptakan salah satunya, yaitu aplikasi Shopee. Dalam aplikasi Shopee terdapat berbagai fitur penawaran yang fungsinya untuk menarik pelanggan dan lebih mempermudah lagi belanja pelanggan. Berbagai fitur penawaran yang disediakan dan paling menonjol dari Shopee tersebut yakni, Voucher Gratis ongkir, Voucher Cashback, dan Flash sale. Fitur-fitur tersebut terkenal dengan berbagai penawaran di antaranya ; pada Voucher Gratis ongkir dengan minimal belanja Rp. 0, pada Voucher Cashback dengan pengembalian dana saat belanja, dan Flash sale dengan lelang harga yang jauh lebih murah daripada harga aslinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh ketiga fitur penawaran tersebut terhadap keputusan pembelian para mahasiswa Manajemen UIN Walisongo yang rata-rata mahasiswanya masih belum bekerja, dan tentunya sering merasa terbebani dengan adanya biaya pengiriman saat melakukan belanja online di Shopee. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, yakni metode penelitian dengan analisis data berdasarkan angka yang diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer diperoleh dari 81 responden, yang dikumpulkan menggunakan teknik pengambilan data melalui kuesioner dan data sekunder berupa dokumentasi. Data yang telah terkumpul tersebut, kemudian dianalisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis, uji F, dan uji t. Berdasarkan hasil dari analisis t yang dilakukan oleh peneliti dapat ditarik kesimpulan penelitian, bahwa secara parsial Voucher Gratis ongkir Shopee berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian t hitung > t tabel(5,626 > 1,665), Voucher Cashback Shopee tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian thitung < t tabel (0,651 < 1,665), dan Flash sale Shopee berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian t hitung > t tabel (5,050 > 1,665).Secara simultan Voucher Gratis ongkir, Cashback, dan Flash sale Shopee berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian Fhitung > Ftabel (54, 579 > 2,72)

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Voucher gratis ongkir; Voucher cashback; Flash sale; Keputusan pembelian
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61201 - Manajemen
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 29 Jan 2024 01:20
Last Modified: 29 Jan 2024 01:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22085

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics