Pengaruh literasi keuangan dan faktor sosiodemografi terhadap pengambilan keputusan investasi : studi pada rumah tangga baru di Desa Pegiringan, Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Pemalang

Uliana, Hani (2023) Pengaruh literasi keuangan dan faktor sosiodemografi terhadap pengambilan keputusan investasi : studi pada rumah tangga baru di Desa Pegiringan, Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1905056014_HANI_ULIANA] Text (SKRIPSI_1905056014_HANI_ULIANA)
1905056014_Hani Uliana_Tugas Akhir Skripsi - Ngerjain_ Tugas(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Literasi keuangan saat ini menjadi bagian penting dari aspek keuangan Salah satu hal yang dipengaruhi oleh literasi keuangan adalah pengambilan keputusan investasi.Desa Pegiringan adalah desa yang tingkat literasi keuangannya rendah. Selain literasi keuangan, faktor sosiodemografi salah satu hal yang menjadi pertimbangan khususnya untuk kalangan rumah tangga baru. Tujuan penelitian ini dilakukan yaitu untuk mengetahui apakah literasi keuangan dan faktor sosiodemografi beerpengaruh terhadap pengambilan keputusan investasi pada rumah tangga baru di Desa pegiringan.
Jenis penelitian ini adalah dengan penelitian Lapangan.jumlah Populasi dalam penelitian ini sebnayak 1088. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 92 responden dan diperoleh dengan menggunakan rumus Slovin. Jenis data yang digunakan adalah Kuantitatif dengan sumber data primer dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar online melalui google form. Teknik pengambilan sampel Non Probability dan Metode sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Alat analisis data yang digunakan adalah SPSS versi 24,0 dan data dianalisa dengan uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji hipotesis, dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian dan analisis data dalam penelitian menunjukan bahwa Variabel Literasi keuangan dan faktor sosiodemografi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan Investasi pada Rumah Tangga Baru. Artinya semakin tinggi tingkat literasi keuangan dan Faktor sosisodemografi maka akan semakin tinggi pula minat dalam pengambilan keputusan investasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Literasi keuangan; Faktor sosiodemografi; Pengambilan keputusan; Investasi
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.6 Investasi
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61201 - Manajemen
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 29 Jan 2024 01:36
Last Modified: 29 Jan 2024 01:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22090

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics