Pengaruh rasio profitabilitas, likuiditas, dan aktivitas terhadap kebijakan dividen pada perusahaan yang terdaftar dalam Jakarta Islamic Index (JII) periode 2017-2021

Azizah, Malikhatun (2023) Pengaruh rasio profitabilitas, likuiditas, dan aktivitas terhadap kebijakan dividen pada perusahaan yang terdaftar dalam Jakarta Islamic Index (JII) periode 2017-2021. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1905056011_MALIKHATUN_AZIZAH] Text (SKRIPSI_1905056011_MALIKHATUN_AZIZAH)
1905056011_Malikhatun Azizah_Full Skripsi - Malikhatun Azizah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh rasio profitabilitas, rasio likuiditas, dan rasio aktivitas terhadap kebijakan dividen pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang diperoleh dari data sekunder dengan menggunakan studi pustaka dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Jumlah sampel data yang digunakan sebanyak 12 perusahaan yang konsisten terdaftar di JII dari tahun 2017 sampai dengan tahun 2021 dengan purposive sampling sebagai metode pengambilan sampel. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan regresi data panel dengan bantuan program aplikasi komputer statistik SPSS (Statistical Package for Social Science).
Variabel Independen terdiri dari rasio profitabilitas yang diprosikan dengan Return On Asset (ROA), rasio likuiditas yang diprosikan dengan Current Ratio (CR), dan rasio aktivitas yang diproksikan dengan Total Asset Turnover (TATO). Sedangkan variabel dependen adalah kebijakan dividen yang diproksikan dengan Dividen Payout Ratio (DPR). Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel rasio profitabilitas berpengaruh sigifikan terhadap kebijakan dividen, sedangkan rasio likuiditas dan rasio aktivitas tidak berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen. Hasil analisis regresi secara simultan menunjukan bahwa rasio profitabilitas, likuiditas, dan aktivitas secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas; Likuiditas; Aktivitas; Kebijakan dividen; Jakarta Islamic IndexI
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61201 - Manajemen
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 14 Nov 2023 09:51
Last Modified: 14 Nov 2023 09:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22092

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics