Strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan produk elektronik pada toko Quilla Elc di Shopee

Rahmawati, Fefi (2023) Strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan produk elektronik pada toko Quilla Elc di Shopee. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1905056010_FEFI_RAHMAWATI] Text (SKRIPSI_1905056010_FEFI_RAHMAWATI)
1905056010_Fefi Rahmawati_Full Skripsi - Fefi Rahmawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berkembang semakin hari semakin pesat, yang dulunya sederhana kini berubah semakin canggih dan modern. Seiring dengan berkembangnya teknologi ditandai dengan munculnya marketplace salah satunya Shopee. Dengan munculnya shopee pelaku usaha dapat memasarkan produknya dengan akses yang sangat luas, mudah dan cepat. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan pemilik toko Quilla Elc dan beberapa pembeli pada toko Quilla Elc di shopee, observasi dan dokumentasi. Setelah data terpenuhi peneliti melakukan pengolahan data dan menganalisis data.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh toko Quilla Elc berhasil dalam meningkatkan penjualan produk elektronik di shopee dengan menentukan segmenting, targeting, dan positioning dan menerapkan strategi marketing mix (bauran pemasaran) yang mencakup empat variabel, diantaranya (1) Strategi produk dengan memberikan pelayanan terbaik, memberikan garansi produk, dan menampilkan foto produk terbaik. (2) Strategi harga dengan menetapkan harga yang standart dalam artian tidak terlalu mahal dan juga tidak terlalu murah dan sesuai dengan harga di pasaran. (3) Strategi distribusi dengan menyalurkan distribusi secara langsung kepada konsumen melalui penjualan online. (4) Strategi promosi dengan menggunakan iklan gratis shopee dan memberikan potongan harga. Shopee mempunyai peran penting dalam meningkatkan penjualan produk elektronik pada toko Quilla Elc dengan adanya program gratis ongkir dan potongan harga. hal tersebut terbukti dari penjualan produknya rata-rata mengalami peningkatan dari bulan ke bulan pada tahun 2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Peningkatan penjualan; Marketpale; Produk elektronik
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61201 - Manajemen
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 29 Jan 2024 01:40
Last Modified: 29 Jan 2024 01:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22093

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics