Strategi perempuan single parent dalam memenuhi kebutuhan keluarga : studi di Desa Pasangan Kecamatan Talang Kabupaten Tegal

Aulia, Maeli Viatina (2023) Strategi perempuan single parent dalam memenuhi kebutuhan keluarga : studi di Desa Pasangan Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1806026153_Maeli_Viatina_Aulia] Text (Skripsi_1806026153_Maeli_Viatina_Aulia)
1806026153_Maeli Viatina Aulia_Full Skripsi - Maeli Viatina Aulia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kasus perceraian baik cerai hidup ataupun cerai mati menjadikan semakin meningkatnya perempuan yang berstatus menjadi kepala keluarga. Perempuan yang menyandang status sebagai single parent mencapai 160 dari 1.448 jumlah kepala keluarga di Desa Pasangan Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. Hal tersebut menjadikan munculnya permasalahan mengenai pemenuhan kebutuhan keluarga. Dengan begitu, diperlukan pemilihan strategi yang tepat agat tetap terpenuhinya kebutuhan keluarga setelah ditinggal oleh suami. Tujuan penelitian ini yaitu: pertama untuk mengetahui problematika perempuan single parent dalam memenuhi kebutuhan keluarga di Desa Pasangan Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. Kedua untuk mengetahu dampak dari upaya perempuan single parent dalam memenuhi kebutuhan keluarga di Desa Pasangan Kecamatan Talang Kabupaten Tegal.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan dan pendekatan deskriptif. Peneliti menggambarkan permasalahan yang dialami oleh perempuan single parent dalam memenuhi kebutuhan keluarga. Sumber data berasal dari data primer dan data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi non partisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik analisis, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Penelitian ini menggunakan teori Pilihan Rasional James S. Coleman yang sesuai dengan penelitian ini karena pemilihan strategi perempuan single parent merupakan pilihan yang dianggap rasional dengan mempertimbangkan sumber daya yang dimiliki oleh perempuan single parent.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika yang dialami oleh perempuan single parent dalam memenuhi kebutuhan keluarga di Desa Pasangan yaitu, problem ekonomi, problem sosial, dan problem psikologi. Sedangkan strategi yang dilakukan untuk mengatatasi masalah dalam pemenuhan kebutuhan keluarga yaitu, strategi ekonomi meliputi bekerja, berhutang dan berhemat, strategi sosial meliputi berinteraksi baik dengan masyarakat dan mengikuti komunitas Mama Hebat di Kabupaten Tegal, dan strategi psikologi meliputi lebih dekat dengan anak. Adapun dampak yang muncul dari upaya perempuan single parent dalam memenuhi kebutuhan keluarga yaitu, dampak ekonomi berupa terpenuhinya kebutuhan sandang, pangan dan papan, dampak sosial meliputi adanya hubungan timbal balik dan pandangan masyarakat Desa Pasangan, serta dampak psikologi berupa terbentuknya sikap mandiri pada perempuan single parent dan terbentuknya sikap mandiri pada anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perempuan; single parent; kebutuhan; keluarga
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 02 Nov 2023 07:38
Last Modified: 02 Nov 2023 07:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22108

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics