Peran program mentoring pagi dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa : studi pada MTs Miftahussa’adah Mijen Kota Semarang

Kurniawati, Heny Febri (2023) Peran program mentoring pagi dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa : studi pada MTs Miftahussa’adah Mijen Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1906026186_HENY_FEBRI_KURNIAWATI] Text (SKRIPSI_1906026186_HENY_FEBRI_KURNIAWATI)
SKRIPSI HENY FEBRI K 1906026186 SOSIOLOGI - Henynia(2).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Program mentoring ini terfokus pada dampak pembentukan kecerdasan spiritual siswal dimulai dari pembiasaan kegiatan membaca Al-Quran yang dilakukan setiap hari dibimbing oleh pembina dengan adanya proses evaluasi dan tanya jawab di akhir kegiatan merupakan sarana dari pihak sekolah dalam melatih siswa untuk meningkatkan rasa percaya diri serta kemampuan beradaptasi dengan lingkungan sosial sehingga akan terbentuknya pribadi siswa dengan sikap sosial yang baik pada lingkungan dan dapat memberikan dampak positif dalam menjalin hubungan sosial di masyarakat sesuai dengan nilai dalam kecerdasan spiritual.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan naratif. Sedangkan teori yang digunakan adalah teori Fungsionalisme Struktural Talcott Parsons. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan teknik pengumpulan datalberupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data penulis menganalisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil wawancara dengan siswa di MTs Miftalhussa’adah program mentoring ini memberikaln peningkatan terhadap aspek kecerdasan spiritual siswa melalui pembiasaan mengaji yang semula belum bisa membaca All-Qur’an dengan balik dengan pendisiplinan setiap hari sehingga menjadi lebih lancalr dan sesuai dengan bacaan tajwid serta menumbuhkaln sikap berpikir positif, dan meningkatkan rasa percaya diri siswal sehingga dapat menjalin interaksi yang baik antar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kecedasan spiritual; Program mentoring; Pembiasaan; Nilai sosial
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 29 Jan 2024 01:52
Last Modified: 29 Jan 2024 01:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22119

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics