Implementasi fungsi actuating program gerakan berinfaq koin NU di Desa Baros Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes

Ariyani, Alya Dwi (2023) Implementasi fungsi actuating program gerakan berinfaq koin NU di Desa Baros Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1901036151_Alya Dwi Ariyani_Lengkap] Text (Skripsi_1901036151_Alya Dwi Ariyani_Lengkap)
Skripsi_1901036151_Alya Dwi Ariyani_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Alya Dwi Ariyani (1901036151) dengan skripsi yang berjudul: “Implementasi Fungsi Actuating Program Gerakan Berinfaq Koin NU Di Desa Baros Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes”.
Gerakan Koin NU merupakan upaya nahdliyin untuk mengumpulkan uang dari rumah-rumah nahdliyin dengan cara meletakkan kotak infaq berukuran kecil di rumah-rumah seluruh warga nahdliyin. Setiap warga akan mengisi kotak-kotak tersebut dengan uang koin ataupun uang kertas yang dikumpulkan setiap satu minggu sekali oleh petugas yang telah ditentukan. Dengan adanya program Koin NU ini dapat memberikan edukasi kepada nahdliyin agar selalu istiqomah dalam berinfaq dan dapat memberikan solusi dalam berbagai aspek kehidupan serta mewujudkan kemandirian bagi warga NU.
Tujuan penelitian untuk 1) mengetahui pelaksanaan program gerakan berinfaq koin NU di Desa Baros Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes ada, 2) untuk mengetahui fungsi actuating yang dilakukan oleh LAZISNU dalam gerakan berinfaq Koin NU di Desa Baros Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang menggunakan pendekatan studi kasus dan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari data reduksi, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, implementasi fungsi actuating program gerakan berinfaq koin NU di Desa Baros Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes dalam pelaksanaan sebuah program tentunya ada beberapa hal yang perlu dan harus diperhatikan berkaitan dengan fungsi actuating agar peinggeirakkan dapat beirjalan lancar seisuiai deingan yang diinginkan ada beibeirapa langkah-langkah dari peinggeirakkan yang dapat dilakuikan meinuiruit Rosyad Shaleih yaitu: Peimbeirian motivasi, meiruipakan salah satui keigiatan yang haruis dilakuikan oleih manajeir dan peimimpin dalam rangka peinggeirakkan deingan tuiluis dan ikhlas. Bimbingan, disamping meiningkatkan dan meimeilihara seimangat dan keimauian uintuik meinyeileisaikan tuigas peirlui dibangkitkan dan dipeilihara juiga aktivitas peilaksana peirlui dibimbing dan dijuiruiskan keiarah peincapaian sasaran yang teilah diteitapkan. Peinjalinan huibuingan, deingan peinjalinan huibuingan dimana para peituigas ataui para peilaksana yang diteimpatkan dalam beirbagai biro dan bagian dihuibuingkan satui sama lain maka dapatlah diceigah teirjadinya keikacauian. Peinyeileinggaraan komuinikasi, komuinikasi sangat peinting uintuik keilancaran proseis, proseis akan teirganggui bila timbuil saling keitidakpeircayaan dan saling meincuirigai antara pimpinan dan peilaksana, antara para peilaksana satui sama lain. Peingeimbangan ataui peiningkatan peilaksanaan, meimiliki arti peinting bagi proseis, seibab deingan adanya uisaha meimpeirkeimbangkan para peilaksana yang beirarti keisadaran seilalui ditingkatkan dan dikeimbangkan.
Penggerakkan (actuating) dengan memberikan motivasi, bimbingan, penjalinan hubungan, peningkatan pelaksanaan pengurus dan warga supaya bisa saling bekerja sama untuk mengoptimalkan gerakan program koin NU ini. LAZISNU Ranting NU Desa Baros menggerakkan semua elemen Nahdlatul Ulama di tingkatan ranting untuk melancarkan program koin NU. Penggerakkan dalam program gerakan koin NU di Desa Baros dilakukan dengan cara memastikan semua pemasukan dan pengeluaran tercatat dengan baik dan rapi. Hal ini dilakukan untuk memudahkan pembuatan laporan keuangan yang akuntabel dan transparan. The movement in the NU coin movement program in Baros Village is carried out by ensuring that all income and expenditure are recorded properly and neatly. This is done to facilitate the creation of accountable and transparent financial statements.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Fungsi actuating; Gerakan koin NU
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 365 Penal and related institutions
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 04 Nov 2023 02:49
Last Modified: 04 Nov 2023 02:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22131

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics