Pemberdayaan pelaku usaha olahan singkong dalam peningkatan ekonomi : studi branding home industry di Desa Tambakromo Kecamatan Ponjong Kabupaten Gunungkidul

Handayani, Wulan (2023) Pemberdayaan pelaku usaha olahan singkong dalam peningkatan ekonomi : studi branding home industry di Desa Tambakromo Kecamatan Ponjong Kabupaten Gunungkidul. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1906026070_Wulan_Handayani] Text (Skripsi_1906026070_Wulan_Handayani)
1906026070_Wulan Handayani_SKRIPSI FULL - Wulan Handayani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Home industry olahan singkong di Desa Tambakromo merupakan upaya pemberdayaan masyarakat yang dilakukan dengan kesadaran masyarakat setempat untuk memperbaiki kondisi ekonominya. Pemberdayaan masyarakat melalui home industry ini dilakukan dengan melakukan pelatihan dan pendidikan terlebih dahulu. Kemudian pelaku usaha melakukan upaya-upaya untuk membangun branding home industry tersebut. Upaya branding pun gencar dilakukan untuk mengembangkan potensial-potensial yang dimiliki home industry olahan singkong di Desa Tambakromo. Melalui home industry olahan singkong diharapkan mampu meningkatkan sumber daya manusia masyarakat Desa Tambakromo.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Data lapangan dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan penelitian literatur yang relevan. Analisis data dilakukan untuk menggabungkan fenomena lapangan dengan teori yang relevan. Teori pemberdayaan masyarakat Jim Ife digunakan dalam penelitian ini. Teori pemberdayaan masyarakat Jim Ife ini akan dieloborasi dengan data lapangan yang ada. Teori Jim Ife akan membantu menganalisis mengenai proses branding home industry dan dampak adanya home industry. Adapun pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah Apa saja yang dilakukan untuk membangun branding home industry olahan singkong dan bagaimana dampak home industry olahan singkong dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Tambakromo Kecamatan Ponjong Kabupaten Gunungkidul.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sudah terlaksananya proses pemberdayaan masyarakat melalui home industry olahan singkong. Terjadinya proses pemberdayaan masyarakat ini yang membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Desa Tambakromo. Upaya-upaya membangun branding home industry juga memberi dampak terhadap eksistensi dari home industry olahan singkong itu sendiri. Kemudian dari adanya home industry olahan singkong memberi pengaruh terhadap kenaikan pendapatan dari pemilik dan pekerja home industry. Melihat dari pendapatan dan pengeluaran para pelaku home industry dapat dinyatakan home industry olahan singkong mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Tambakromo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Branding; home industry; olahan singkong; pemberdayaan masyarakat; kesejahteraan masyarakat
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 04 Nov 2023 07:32
Last Modified: 04 Nov 2023 07:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22148

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics